Odessa Siapkan Lahan 10-20 Hektar untuk Tanam Ubi Jalar

Odessa Siapkan Lahan Khusus untuk Tanam Ubi Jalar
(Meski permintaan di pasar domestiknya masih terhitung rendah, namun konsumsi ubi jalar di Ukraina menunjukkan adanya trend peningkatan setiap tahunnya. Image : Agro Center Ukraine)

Pomidor.id – Danube Agrarian LLC, sebuah perusahaan produk-produk pertanian organik di Ukraina, akan menyiapkan lahan seluas 10-20 hektar khusus untuk menanam ubi jalar tahun ini di Odessa. Hasil panenan nantinya sebagian besar akan diekspor ke Eropa dan selebihnya untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik.

Merujuk pada pernyataan Roman Dyzhuk, direktur perusahaan, permintaan ubi jalar di dalam negeri memang tidak terlalu besar. Pasalnya, ubi jalar belum begitu populer di kalangan warga Ukraina. Masih kalah dengan bit, sama-sama penganan alternatif dari umbi-umbian.

“Musim ini kami merencanakan akan menanam ubi jalar di lahan 10 sampai 20 hektar. Tapi karena permintaan pasar domestik tak banyak, produksinya nanti sebagian besar diekspor,” ujar Dyzhuk kepada East Fruit.

Selain ubi jalar, perusahaan yang beroperasi di Odessa itu juga akan menanam semangka dan persik di lahan seluas 20 hektar. Untuk buah persik, ia optimis perusahaannya mampu memproduksi sekitar 50 ton tahun ini.

Baca Juga : Ukraina Perketat Sistem Kontrol untuk Produk Organik

Danube Agrarian selama ini merupakan eksportir buah dan sayur ke Eropa. Sejumlah produk-produk sayuran organik yang diekspor ke negara-negara Eropa di antaranya adalah sereal, lobak, bunga matahari, kacang polong dan jenis kacang-kacangan lainnya.

Menurut Dyzhuk, belum lama ini perusahaannya mengikuti pameran produk organik Biofach di Jerman. Dari katalog peserta pameran, ada delapan perusahaan dari dua negara yang menawarkan semangka organik, yakni Spanyol dan Ukraina.

Danube Agrarian saat ini menggarap dua ribu hektar lahan pertanian organik di Distrik Izmail, Odessa. Seluruh lahan telah mendapat sertifikasi organik yang diakui secara internasional.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan