Presiden : Bank Pemerintah Harus Bantu Petani Beli Alat Pertanian Modern

Presiden Minta Bank Pemerintah Bantu Petani Beli Alat Pertanian Modern
(Presiden Joko Widodo dengan para pengurus HKTI di Istana Negara di Jakarta, Selasa (19/3). Dalam Rakor dengan HKTI yang juga dihadiri para pimpinan bank, Presiden meminta bank-bank pemerintah membantu petani mengakses alat pertanian modern. Image : Dok Setkab)

Pomidor.id – Presiden Joko Widodo meminta perbankan nasional mengakomodir keinginan petani membeli mesin-mesin atau alat pertanian modern seperti mesin penggilingan padi, mesin pengering sampai mesin pengemasan (packaging).

Dilansir dari CNBC Indonesia, hal itu dikemukakan kepala negara di depan para bankir perusahaan pelat merah saat menggelar pertemuan dengan Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) di Istana Negara, Jakarta, Selasa (19/3).

Muat Lebih

 border=

“Bank juga berikan. Ini ada BTN, Mandiri, BRI agar produsen diberikan support sebanyak-banyaknya sesuai kebutuhan di lapangan,” kata Jokowi.

Baca Juga : Bank Pertanian Adalah Sebuah Keniscayaan

Keinginan Jokowi tak lepas dari perubahan zaman yang secara tidak langsung membuat teknologi makin berkembang. Perubahan zaman, sambungnya, tentu harus membuat para petani bisa beradaptasi.

Jokowi mencontohkan, misalnya dari pengering padi. Menurutnya, sudah bukan zamannya lagi bagi para petani menjemur padi di halaman atau di jalanan lantaran sudah ada mesin pengering yang diproduksi masal.

Mesin-mesin yang dimaksud mantan Gubernur DKI Jakarta itu berkisar Rp 500 juta sampai Rp 2 miliar. Jokowi memandang, mesin-mesin dan alat pertanian modern tersebut layak dibiayai oleh perbankan nasional.

“Kalau kita teruskan, padi masih dijemur di depan jalan, sampai kapan pun pertanian kita gak akan maju. Percaya. Mindset harus diubah,” tegas Jokowi.

Baca Juga : Program Pengembangan Pertanian Modern untuk Sejahterakan Petani

Sebagai informasi, pertemuan dengan pengurus HKTI juga dihadiri oleh direksi perbankan seperti PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk., PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, dan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan