Belimbing Wuluh Makin Disukai Pasar Internasional

Belimbing Wuluh
(Belimbing wuluh makin dikenal dan disukai konsumen dari negara-negara Eropa Timur. Image : ist)

Pomidor.id – Belimbing wuluh adalah jenis buah, ada juga yang menggolongkannya sebagai sayuran, khas tropis. Tanaman ini banyak dibudidayakan di negara-negara seperti Indonesia, Malaysia, Filipina, Myanmar dan Sri Lanka. Seiring makin berkembangnya perdagangan global, buah ini makin dikenal dan disukai pasar internasional.

Belimbing wuluh buahnya berbentuk lonjong. Panjang antara 4 – 10 cm. Saat masih mentah, warna buahnya hijau cerah. Namun ketika matang warnahnya berubah hijau kekuning-kuningan. Rasa buahnya sendiri sangat masam dan berair.

Kian terbukanya perdagangan antar negara, membuat buah bernama latin Averrhoa bilimbi ini mulai dikenal di negara-negara beriklim sub-tropis. Bahkan sebagaimana dilansir East-Fruit, sebuah laman informasi pertanian dari Ukraina, belimbing wuluh kini makin disukai pula di negara-negara Eropa Timur.

Namun seperti halnya di Indonesia, buah ini jarang yang dikonsumsi langsung mengingat rasanya yang sangat masam. Biasanya dijadikan bahan campuran masakan atau acar.

Baca Juga : Ekspor Buah Tropis Indonesia Masih Menjanjikan

Menurut pakar nutrisi, buah ini memiliki komposisi yang unik yang dibutuhkan tubuh. Dalam satu buahnya, kaya akan protein, serat, mineral dan vitamin A, vitamin C dan vitamin B kompleks.

Di negara asalnya, belimbing wuluh tak hanya digunakan untuk campuran masakan. Tapi juga untuk pengobatan, menormalkan tekanan darah, mencegah diabetes serta meningkatkan kekebalan tubuh.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan