Harga Bawang Merah dan Bawang Putih di Pasar Klojen Meroket

Harga Bawang Merah dan Bawang Putih di Pasar Klojen Meroket
(Isnaini, pedagang bahan kebutuhan pokok di Pasar Klojen, Kota Malang. Image : Pomidor)

Pomidor.id – Harga komoditas bawang putih dan bawang merah dalam beberapa minggu terakhir telah mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Terpantau harga jual bawang putih di pasar tradisional Klojen, Kota Malang, telah mencapai Rp 50 ribu per kilogram. Sementara harga bawang merah menyentuh angka Rp 35 ribu per kilogram.

Salah satu pedagang di pasar Klojen, Isnaini, mengungkapkan, kenaikan harga dua komoditas tersebut mulai dirasakan sejak dua minggu belakangan ini.

“Kalau biasanya harga jual bawang putih cuma Rp 28-30 ribu, sekarang naik menjadi Rp 50 ribu per kilonya. Sedangkan bawang merah yang biasanya hanya Rp 22-24, sekarang menjadi Rp 35 ribu per kilo,” ujarnya, Kamis (18/4).

Baca Juga : Harga Bawang Putih (Masih) Akan Merangkak Naik

Ia menduga kenaikan harga tersebut kemungkinan besar disebabkan faktor cuaca sehingga banyak barang yang busuk. Tetapi bisa juga karena berkurangnya ketersediaan barang sehingga harga jadi naik.

“Kalau musim hujan biasanya memang harga bawang merah naik,” sebutnya.

Hanya saja menurutnya dari kedua komoditas tersebut, kenaikan harga bawang putih yang paling tinggi dan paling cepat naik.

“Kalau kemarin-kemarin biasanya kenaikan harga hanya seribu atau dua ribu, tapi sekarang kenaikan harga bawang putih bisa langsung empat ribu sekali naik,” keluhnya.

Baca Juga : Teknologi Budidaya Kurangi Fluktuasi Harga Bawang Merah dan Cabai

Menurutnya, kenaikan harga tersebut menyebabkan berkurangnya daya beli masyarakat.

“Jika biasanya ada yang langsung beli setengah kilo, sekarang cuma beli seperempat kilo karena harganya mahal,” kata Isnaini. (ANC)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan