Indonesia Ekspor Pisang dan Nanas ke China dan Spanyol

Ekspor Pisang dan Nanas
(Nanas menjadi salah satu andalah ekspor komoditas buah-buahan Indonesia. Image : ist)

Pomidor.id – Kementerian Pertanian dan Great Giant Pineapple Co., Ltd. melepas ekspor pisang dan nanas ke negara tujuan China dan Spanyol. Kantor bea cukai China telah berjanji akan memberikan perlakuan prioritas untuk komoditas nanas Indonesia yang diekspor ke negara tirai bambu tersebut.

Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan bahwa volume ekspor pisang dan nanas meningkat pesat dalam 4 tahun terakhir. Wilayah-wilayah yang menjadi tujuan ekspor adalah ke Eropa, Timur Tengah, Asia dan Asia Tenggara.

“Ada 65 negara tujuan ekspor, yakni Jepang, Hongkong, Korea, Taiwan, China, Singapura, Malaysia, Brunei, Vietnam, India, Pakistan, Sri Lanka, Iran, Timur Tengah, Eropa, Amerika, Australia, dll, dengan nilai ekspor nanas 2018 sebesar Rp 2,77 triliun. Sedangkan pada Januari-Februari 2019, ekspor nanas sudah 32.053 ton,” ujar Direktur Jenderal Hortikultura, Suwandi.

“Nanas disukai konsumen baik dalam bentuk segar maupun olahan. Nanas mengandung vitamin C, B1, Potasium, Mangaan, Bromelain bagus untuk kesehatan,” tambahnya.

Baca Juga : China Pasar Terbesar Ekspor Buah-buahan Asal Indonesia

Beberapa sentra produksi nanas di Indonesia adalah Lampung Selatan, Pesawaran, Lampung Timur, Lampung Tengah, Subang, Pemalang, Purbalingga, Kediri, Blitar, Lombok Timur, Kuburaya, Kutai Kertanegara, Majene, Bulukumba, Sinjai, Wajo, Bolmong, Ogan Ilir, Prabumulih, Simalungun, Kampar, Muaro Jambi, Muara Enim dan lainnya.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan