Italia adalah Produsen Jeruk Organik Terbesar di Dunia

Italia Produsen Jeruk Organik Terbesar di Dunia
(Perkebunan jeruk organik di Sisilia, Italia. Image : Casale Villarena)

Pomidor.id – Dengan lahan hampir 40 ribu hektar, Italia menjadi negara produsen jeruk organik terbesar di dunia. Menyusul di posisi kedua adalah Meksiko dengan lahan yang khusus ditanami pohon jeruk organik seluas 12.750 hektar.

Tak hanya jeruk, secara umum Italia adalah salah satu negara penghasil makanan organik terkemuka dengan putaran ekonomi mencapai hampir USD 100 juta.

Dilansir dari True Numbers, status negeri pizza itu sebagai produsen jeruk organik nomor wahid tidaklah mengherankan. Pasalnya, sekitar 45% dari seluruh perkebunan jeruk organik di dunia berada di Italia. Setelah itu berturut-turut adalah Meksiko (14,31%) dan Spanyol (13,77%).

Ada pun negara-negara raksasa pertanian seperti Amerika Serikat, China dan Rusia, lahan untuk perkebunan jeruk organik, baik itu jeruk keprok, jeruk manis atau pun berbagai jenis jeruk lainnya, tak lebih dari lima ribu hektar.

Baca Juga : Pertanian Organik Selamatkan Kuba dari Bencana Kelaparan

Produksi jeruk yang dibudidayakan tanpa penggunaan bahan-bahan kima terus meningkat setiap tahunnya. Pada tahun 2007, ada 43.399 hektar lahan yang ditanami jeruk organik di seluruh dunia. Sepuluh tahun kemudian, luasan lahan yang ditanami khusus untuk jeruk organik naik lebih dari dua kali lipat menjadi 87.810 hektar.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan