border=

Kemendag Beri Lampu Hijau 7 Perusahaan Impor Bawang Putih

Kemendag Beri Lampu Hijau 7 Perusahaan Impor Bawang Putih
(Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan akan menerbitkan izin bagi 7 perusahaan untuk mengimpor bawang putih sekitar 100 ribu ton. Image : Pomidor)

Pomidor.id – Kementerian Perdagangan memberikan kuota impor bawang putih kepada 7 perusahaan dengan kuota kurang lebih 100.000 ton. Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kemendag Oke Nurwan mengatakan pihaknya akan memberikan surat perizinan impor (SPI) kepada tujuh perusahaan.

“(SP) akan keluar, saya harapkan sore ini selesai. Keliatannya ada 7 perusahaan swasta,” katanya di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian pada Kamis (18/4).

Oke mengatakan perusahaan yang sudah mendapatkan rekomendasi impor produk hortikultura (RIPH) dari Kementan ada 8 perusahaan. Kedelapannya pun sudah mengajukan perizinan. Akan tetapi yang dianggap lengkap persyaratannya baru ada 7 perusahaan.

Baca Juga : Stabilkan Harga, Pemerintah Impor Bawang Putih 100 Ribu Ton

Kendati demikian, Oke tidak mengetahui waktu pengimporan masing-masing perusahaan karena memiliki periode yang berbeda. Namun, tiap perusahaan diminta melaporkan perkembangannya.

“Tanya mereka kapan mulai impornya. Mereka kan dapat persetujuan impor. Kita meminta mereka untuk melaporkan kapan masuk dan melalui pelabuhan mana dan untuk kita bisa lakukan next stepnya,” katanya.

Hanya saja Oke mengakui belum mendapatkan kabar pasti berapa tonase bawang putih yang akan diimpor masuk ke Indonesia.

“Kurang lebih 100 ribuan ton. Tapi belum tau persisnya,” ucapnya.

Baca Juga : Harga Bawang Merah dan Bawang Putih di Pasar Klojen Meroket

Selain itu, Oke mengatakan untuk gelombang impor ini, Perum Bulog belum mendapatkan penugasan untuk mengimpor bawang putih.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan