Kopi Sarawak Diplot Jadi Komoditas Utama Perkebunan Malaysia

Perkebunan Kopi Sarawak
(Pemerintah Negara Bagian Sarawak mengalokasikan dana RM 3,15 juta (hampir Rp 11 milyar) untuk perluasan dan peremajaan tanaman kopi di wilayahnya. Image : The Peak)

Pomidor.id – Kopi akan diplot menjadi salah satu komoditas utama perkebunan di negara bagian Sarawak, Malaysia. Dalam rilis resminya, Wakil Menteri Negara Bagian, Datuk Amar Douglas Uggah Embas, mengatakan rencana menjadikan kopi Sarawak sebagai komoditas utama perkebunan akan dijalankan di bawah program transformasi pertanian negara bagian.

Uggah yang juga menjabat sebagai Menteri Modernisasi Pertanian dan Pembangunan Daerah, mengungkapkan kementerian yang dipimpinnya akan membantu petani lokal dalam penanaman kopi. Namun yang tak kalah pentingnya, para petani juga akan didampingi untuk mengeksplorasi strategi meningkatkan produksi biji kopi lokal berkualitas. Hal ini untuk memenuhi permintaan pasar lokal dan global.

Ia mengungkapkan saat ini ada 200 ribu hektar lahan perkebunan yang ditanami kopi di Sarawak. Jumlah luasan itu bakal bertambah mengingat negara bagian masih memiliki banyak lahan, terutama di wilayah dataran tinggi.

Kopi Sarawak
(Kopi Sarawak menjadi salah satu andalan perkebunan di Negara Bagian Sarawak, Malaysia. Image : Awang)

Baca Juga : Indikasi Geografis, Garansi Mutu Kopi Indonesia di Pasar Internasional

Sebagaimana diberitakan The Sun Daily, Ahad kemarin (7/4), dilakukan penandatanganan MoU antara Pemerintah Negara Bagian Sarawak yang diwakili oleh Departemen Pertanian Sarawak dengan perusahaan Earthlings Coffee. MoU tersebut untuk mempromosikan serta meningkatkan kerja sama antara berbagai pihak yang terlibat dalam pengembangan industri kopi di Sarawak.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan