Pasokan Cabai dan Bawang Aman Selama Puasa Hingga Lebaran

Pasokan Cabai dan Bawang

Pomidor.id – Kementerian Pertanian memastikan pasokan cabai dan bawang merah dari beberapa daerah penghasil guna memenuhi kebutuhan selama bulan suci Ramadhan hingga Idul Fitri tahun ini sangat mencukupi. Harga bawang merah dan cabai juga diprediksi kembali normal.

“Sesuai arahan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman untuk menjaga pasokan dan stabilisasi harga, dua komoditas hortikultura yakni cabai dan bawang merah kami jamin aman, sangat mencukupi kebutuhan,” demikian dikatakan Direktur Jenderal Hortikultura, Suwandi di Bogor, akhir pekan ini.

Suwandi menjelaskan hal ini bertepatan dengan panen raya bawang merah dan cabai yang terjadi di sentra-sentra besar bertepatan pada bulan Mei – Juni 2019. Dengan demikian, inilah faktor utama yang memastikan amannya pasokan kedua komoditas pertanian tersebut selama bulan puasa hingga lebaran tahun ini.

Baca Juga : Pemerintah Jaga Harga Cabai Stabil dan Terkendali

Suwandi menuturkan pasokan bawang merah saat ini sudah kembali normal. Hal ini terlihat dari harga di pasar induk yang sudah dibawah Rp 20 ribu per kilo dan sentra-sentra besar seperti Brebes, Nganjuk, Demak, Grobogan hingga Bima saat ini sudah memasuki panen.

“Pasokan dan harga di Pasar Induk juga terpantau normal. Trend pasokan dan harga stabil ini akan terus berlanjut sampai lebaran nanti,” tuturnya.

“Cabai rawit dan keriting pun sangat aman. Untuk jenis TW atau cabai merah besar dalam beberapa hari ke depan juga akan terkoreksi normal seiring panen di Parakan, Muntilan hingga Pujon Malang. Aman semua,” tambahnya.

Baca Juga : Jelang Ramadhan, Impor Khusus Bawang Putih Patut Dipertimbangkan

Terkait pasokan bawang putih, Suwandi memastikan akan segera terisi dari impor. Kementan sudah terbitkan rekomendasi impornya yang kemudian disusul dengan terbitnya ijin impor dari Kemendag, jumlahnya sekitar 115 ribu ton.

“Artinya pasokan cukup untuk kebutuhan puasa dan lebaran nanti. Surat rekomendasi impor berikutnya juga akan segera menyusul,” tukasnya.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan