border=

Pemkot Malang Canangkan Pasar Sehat dan Ramah Lingkungan

Pemkot Malang Canangkan Pasar Sehat dan Ramah Lingkungan
(Petugas pasar membagikan tas kertas kepada pedagang. Pembagian tas kertas tersebut merupakan upaya Pemkot Malang mewujudkan pasar sehat sekaligus ramah lingkungan. Image : Pomidor)

Pomidor.id – Pemerintah kota Malang melalui Dinas Perdagangan tengah mencanangkan pasar sehat dan ramah lingkungan. Salah satu upayanya adalah mengganti tas maupun kantong plastik yang sulit terurai dengan tas kertas yang lebih ramah lingkungan.

“Ini sudah kita mulai dan kami sudah mencetak sekitar tiga ribu kantong kertas yang akan kita bagikan ke pasar-pasar yang ada di kota Malang,” jelas Kepala Dinas Perdagangan Kota Malang, Wahyu Setianto, usai menghadiri peresmian pasar rakyat Klojen, Kamis (18/4).

Menurutnya, pencanangan pasar ramah lingkungan merupakan salah satu bentuk kepedulian pemerintah kota Malang yang selama ini telah memberikan sosialisasi kepada masyarakat untuk ramah lingkungan dengan tidak lagi menggunakan kantong plastik pada saat berbelanja.

Baca Juga : Gunakan Tas Belanjaan Sesuai Fungsinya

“Untuk saat ini tas kertas memang kami sediakan. Tapi kedepannya kami menghimbau agar pedagang bisa menyediakan tas kertas,” ujarnya.

Selain pasar ramah lingkungan, pemerintah kota Malang juga mencanangkan pasar sehat.

“Nanti setiap produk yang dijual itu harus diuji dengan alat yang kita miliki. Jadi misalkan ada orang jual bakmi, kita cek produknya dengan alat untuk mengetahui apa bakmi tersebut mengandung borak atau tidak,” terangnya.

Baca Juga : Sampah Plastik Percepat Pemanasan Global

Wahyu Setianto
(Wahyu Setianto, Kepala Dinas Perdagangan Kota Malang.)

Wahyu menambahkan, sehari sebelumnya sudah dilakukan uji produk di pasar Oro-oro Dowo. Hasilnya, dari 12 item produk yang diuji, hanya satu produk yang bermasalah yakni produk kerupuk yang tidak menggunakan pewarna makanan.

“Krupuk tersebut menggunakan pewarna yang bukan merupakan pewarna makanan. Sehingga kita tindak lanjuti dan kami minta untuk tidak dijual ke masyarakat,” ungkapnya.

Saat ini pencanangan pasar sehat dan ramah lingkungan masih dilakukan di pasar Oro-oro Dowo dan pasar Klojen, sebelum dicanangkan ke semua pasar yang ada di kota Malang, pungkas Wahyu (ANC)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan