Perluas Kawasan Organik, Denmark Alokasikan Dana Ratusan Milyar

Denmark Perluas Kawasan Organik
(Kawasan organik di Denmark terus bertambah. Image : Maskin Bladet)

Pomidor.id – Denmark terus memperluas area yang digunakan untuk menghasilkan produk-produk organik. Sejauh ini sudah dikucurkan dana sebesar € 18 juta (Rp 288,3 milyar) untuk perluasan kawasan organik di negara Eropa Utara itu.

Rencananya, di tahun 2020 akan ada penambahan dana sehingga totalnya mencapai € 30 (Rp 481 milyar) dengan luasan lahan sebesar 300 ribu hektar.

Kawasan organik ini dikelola bareng Pemerintah Denmark, perusahaan pertanian dan kalangan akademisi. Pembentukan kawasan khusus untuk produk organik ini didukung partai sayap kanan yang dihuni kaum intelektual, Dansk Folkerparti (Partai Rakyat Denmark).

Baca Juga : Pertanian Organik Selamatkan Kuba dari Bencana Kelaparan

Pada tahun 2018, 325 petani dan peternak beralih ke sektor pertanian organik. Saat ini, tak kurang dari 4 ribu perusahaan yang bergerak di bidang produksi makanan dan olahan organik di negara Skandinavia itu. Hal ini menjadikan Denmark sebagai salah satu produsen organik terbesar di dunia.

“Beralih ke pertanian organik telah meningkatkan peluang kerja. Ini bagus untuk industri bahan makanan Denmark. Juga meningkatkan pemasukan negara dari ekspor,” jelas Lise Bech dari Dansk Folkeparti kepada Maskin Bladet.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan