Wortel Jenis Sayuran yang Paling Banyak Diimpor Rusia

Wortel Sayuran yang Paling Banyak Diimpor Rusia
(Impor wortel Rusia mencapai 10% di antara jenis-jenis sayuran lainnya. Image : GridMarket)

Pomidor.id – Di antara berbagai jenis sayuran yang didatangkan dari luar negeri, wortel adalah sayuran yang paling banyak diimpor Rusia.

Analisis GidMarket yang dipublikasikan Fruit News, total volume sayuran yang diimpor Rusia tahun 2018 lalu sebesar 1,88 juta ton. Dari sekian banyak jenis sayuran impor, wortel menduduki posisi pertama dengan porsi mencapai 10 persen.

“Tahun 2018, Rusia mengimpor wortel lebih dari 179,4 ribu ton. Meski wortel tidaklah terlalu sulit dibudidayakan di Rusia, namun secara prosentase angka impornya masih sangat tinggi. Yakni 10% dari total 1.883,2 juta ton sayuran yang diimpor,” demikian pernyataan resmi GidMarket.

Baca Juga : Petani Polandia Tuntut Normalisasi Hubungan Dagang dengan Rusia & Batasi Impor Makanan dari Eropa Barat

Tiga negara pemasok utama wortel di Rusia adalah Belarus (28,7%), Israel (26,8%) dan China (26%).

Sebelum Pemerintahan Presiden Putin melakukan pembatasan impor produk hortikultura dan makanan, Polandia dan Belanda merupakan eksportir wortel terbesar di Rusia.

Dalam satu dekade terakhir sebenarnya produk-produk pertanian Rusia meningkat cukup signifikan. Contohnya produksi kentang yang perlahan mulai mampu memenuhi sebagian besar kebutuhan dalam negeri.

Baca Juga : Jaringan McDonald di Rusia Mulai Gunakan Kentang Lokal

Melonjaknya produksi pertanian di negara beruang merah itu tak terlepas dari sanksi ekonomi Uni Eropa dan AS akibat konflik di Krimea, Ukraina. Pemberlakuan larangan masuknya produk hortikultura dari Belanda, Perancis, Jerman dan Finlandia, pada gilirannya justru memacu Rusia untuk meningkatkan produksi pertaniannya sehingga tidak terlalu tergantung pada negara lain.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan