Agrimania, Varietas Unggul Mangga Merah Bernilai Ekonomis Tinggi

Mangga Agrimania
(Selain memiliki nilai ekonomi tinggi, mangga Agrimania juga produktif berbuah. Image : ist)

Pomidor.id – Indonesia termasuk negara yang memiliki keanekaragaman varietas mangga yang sangat banyak. Sayangnya, potensi ini belum banyak dimanfaatkan secara maksimal. Salah satu varietas mangga yang perlu dikembangkan dan bahkan perlu didaftarkan sebagai varietas unggul adalah mangga merah Agrimania.

Adalah Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Kementerian Pertanian melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika Solok, yang mengembangkan varietas mangga Agrimania.

Mangga ini memiliki keunggulan ukuran buah besar dan bulat, warna kulit buah menarik (pangkal kuning kemerahan dan ujungnya berwarna kuning kehijauan). Selain itu, daging buahnya tebal dengan serat rendah, tekstur daging buah keras, rasa manis serta aromanya kuat.

Baca Juga : Mangga Miyazaki, Cara Panennya Beda dengan Mangga Lainnya

Tak heran jika mangga Agrimania beberapa kali memenangkan lomba buah unggul dan disukai banyak pengunjung dan panelis buah di pameran. Karena itu, varietas mangga merah ini akan segera didaftarkan sebagai varietas unggul agar benihnya dapat segera diperbanyak oleh penangkar dan disebarkan ke masyarakat.

Setelah didaftarkan sebagai varietas unggul, mangga ini akan dikembangkan sebagai tanaman komersial. Tempat ideal untuk budidayanya adalah di wilayah dengan ketinggian mulai dari 1-300 di atas permukaan air laut (dpl) dengan agroklimat kering hingga sedang.

Untuk saat ini, mangga Agrimania telah beradaptasi dengan baik di Kabupaten Indramayu (Jabar). Mangga ini diklaim memiliki produktivitas tinggi karena dapat dipanen setahun tiga kali.

Baca Juga : Super Klon untuk Percepat Peremajaan Pohon Kelapa

Secara ekonomis, mangga ini memiliki nilai ekonomi tinggi dengan harga sekitar Rp 50 ribu/kg. Dengan memaksimalkan pengembangannya di daerah-daerah yang memiliki agroklimat ideal, mangga Agrimania diharapkan dapat meningkatkan pendapatan petani.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan