Durian Asal Malang dan Lumajang Tembus Pasar Ekspor Vietnam

Durian Asal Malang dan Lumajang Tembus Pasar Ekspor Vietnam
(Festival durian di Malang beberapa waktu lalu. Image : Dok Pomidor)

Pomidor.id – Tak hanya diminati masyarakat Indonesia, durian juga mendapat tempat di hati orang Asia di lain negara. Buktinya, buah berkulit tebal dan berduri ini mampu merambah pasar ekspor ke Vietnam.

Untuk itu, Karantina Pertanian Surabaya melakukan pengecekan fisik terhadap 6.831 kilogram durian sebelum diekspor. Durian-durian ini dipastikan memenuhi standar dan kualitas untuk berjajar dengan buah ekspor lainnya.

Setelah itu, durian yang bebas dari Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT) dan sesuai dengan dokumen yang dilaporkan akan siap untuk dikirim via Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.

Salah seorang petugas OPT, M Jaeni mengatakan pengiriman juga tak bisa dilakukan secara asal. Pasalnya, ada ketentuan yang harus dipenuhi agar durian tetap fresh hingga sampai ke tempat tujuan.

“Harus dipastikan juga pengaturan suhu dalam container sebesar -20 derajat celcius, karena Vietnam mensyaratkan seperti itu,” ujar Jaeni sebelum melakukan ekspor di Surabaya, Kamis (30/5), dilansir detik.com.

Baca Juga : China Pasar Terbesar Ekspor Buah-buahan Asal Indonesia

Tak hanya itu, harga durian di pasar ekspor pun cukup menggiurkan. Harganya mencapai USD 2,08 atau kurang lebih Rp 30.000 per kilogram. Durian yang diekspor ini asli dari perkebunan petani di wilayah Kabupaten Malang dan Lumajang

Peluang ekspor inilah yang mustinya menjadi salah satu kesempatan bagi petani Indonesia untuk meningkatkan kesejahteraannya sekaligus menambah devisa negara.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan