Korea Selatan Janji Ulurkan Bantuan Pangan untuk Korea Utara

Korea Selatan Janji Ulurkan Bantuan Pangan untuk Korea Utara
(Dalam foto tertanggal 17 Mei 2019 ini, petani Korut tengah menanam padi di areal persawahan kolektif di Sambong, Provinsi Pyongan Selatan, Korea Utara. Image : AP)

Pomidor.id – Korea Selatan berjanji akan bergerak cepat untuk memberikan bantuan medis dan nutrisi senilai USD 8 juta untuk anak-anak Korea Utara melalui Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Korsel juga mempertimbangkan untuk mengirimkan bantuan pangan yang lebih luas setelah tetangganya di utara tersebut dilanda kekeringan terburuk dalam beberapa dekade terakhir.

Demikian pernyataan resmi juru bicara Kementerian Unifikasi Seoul, Lee Sang-min, Senin (20/5). Ia mengatakan pemerintah akan membahas rencana pemberian bantuan pangan ini dengan WFP dan Unicef. Kerja sama dengan kedua organ PBB itu agar bantuan dapat cepat menjangkau anak-anak dan wanita hamil di Korea Utara.

“Kami juga akan mempertimbangkan masalah ini (bantuan pangan) dengan mendengarkan pendapat dari warga kami,” ujar Lee Sang-min dikutip Associated Press.

Munculnya upaya memberi bantuan obat-obatan dan makanan ini setelah Pemerintah Korea Utara beberapa waktu lalu menyatakan negaranya menderita kekeringan terburuk dan ancaman kekurangan pangan.

Baca Juga : Korea Utara Terancam Kelaparan Massal Akibat Kekeringan Parah

Sementara itu, Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in, berharap bantuan akan menghidupkan kembali diplomasi dengan Korut. Diplomasi Korsel-Korut sempat terimbas hasil kurang memuaskan pada pertemuan tingkat tinggi Presiden AS, Donald Trump, dengan Pemimpin Korut, Kim Jong Un, pada Februari lalu. Trump dan Jong Un berbeda pandangan terutama soal bantuan sanksi dan langkah perlucutan senjata.

Meski demikian tak jelas apakah paket bantuan dari Korsel akan melunakkan sikap tetangganya yang bengal itu. Korut sering kali menuntut konsesi yang jauh lebih besar, seperti melanjutkan proyek-proyek ekonomi antar Korea yang saat ini tertahan oleh sanksi AS terhadap Korea Utara.

Yang lebih aneh lagi, sebuah situs propaganda Korea Utara pekan lalu menggambarkan proposal Korea Selatan untuk bantuan kemanusiaan sebagai tidak sopan. Korsel bahkan juga dituduh tengah berusaha “memancing di air keruh”.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan