Korea Utara Terancam Kelaparan Massal Akibat Kekeringan Parah

Warga Korea Utara Terancam Kelaparan Massal Akibat Kekeringan Parah
(Seorang petani berjalan di atas lahannya yang kering. Korut mengalami kekeringan terparah selama empat dekade terakhir. Image : Deutsche Welle)

Pomidor.id – Secara resmi, Pemerintah Korea Utara mengakui mengalami kekeringan terburuk dalam 4 dekade terakhir. Kondisi ini dikhawatirkan berimbas pada anjloknya stok makanan yang bakal menyebabkan warga Korea Utara terancam kelaparan massal seperti yang pernah terjadi di tahun 90-an.

Rilis resmi Kantor Berita Korea Utara (KCNA), curah hujan selama lima bulan pertama tahun ini rata-rata hanya 54,4 mm. Sangat rendah dibandingkan biasanya. Kekeringan hebat ini diprediksi akan berlangsung hingga akhir Mei.

Badan Pangan PBB (FAO) dalam laporannya bulan ini menyatakan kekeringan parah memicu kekhawatiran serius. Pasalnya, 10 juta warga Korea Utara terancam kelaparan massal setelah negara itu mengalami salah satu panenan terburuk dalam 10 tahun terakhir. Karena itu, FAO menyatakan Korut dalam kondisi “darurat bantuan pangan”.

Sebelumnya, pada Februari lalu, Duta Besar Korea Utara untuk PBB, Kim Song, mengeluarkan permohonan bantuan pangan mendesak untuk negaranya.

Baca Juga : Pertanian Organik Selamatkan Kuba dari Bencana Kelaparan

Sementara juru bicara Federasi Palang Merah Internasional, Matthew Cochrane, menyebut kekeringan dini akibat minimnya curah hujan yang terjadi di awal musim tanam berpengaruh terhadap masa panen di musim semi.

Ia mengatakan, gagal panen akan menghancurkan persediaan pangan di negara berpaham Maoisme kolot tersebut. Warga yang paling rentan menjadi korban akibat kurangnya stok makanan adalah anak-anak, kaum perempuan, ibu-ibu menyusui, kaum lanjut usia serta mereka yang menderita penyakit kronis.

Cochrane juga menegaskan, 40 persen populasi Korut membutuhkan bantuan pangan. Fokus utama Palang Merah Internasional adalah membantu mereka-mereka yang rentan terdampak bencana kelaparan.

“Kami fokus pada anak-anak karena merekalah yang paling rentan terhadap guncangan (kelaparan), bahkan pada tingkatan yang paling kecil sekali pun,” ujarnya dikutip dari Daily Mail.

Federasi Palang Merah Internasional sejauh ini telah mengucurkan dana yang akan digunakan untuk membantu setidaknya 22 ribu orang.

Baca Juga : Puluhan Cacing Parasit di Perut Seorang Pelarian Korea Utara

Sebagai informasi, negara yang kini dipimpin Kim Jong Un tersebut sesungguhnya tak asing dengan fenomena kekurangan pangan. Di pertengahan tahun 90-an, kelaparan massal diperkirakan telah merenggut nyawa ratusan ribu penduduk Korea Utara.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan