border=

Lagi, Kopi Indonesia Gaet Transaksi Milyaran Rupiah di Expo Internasional

Kopi Indonesia
(Kopi Indonesia punya nama mengkilat di industri kopi global. Image : ist)
Pomidor.id – Kopi Indonesia kembali unjuk gigi di pasar internasional. Kali ini dalam pameran kopi internasional Global Coffee Specialty Expo di Boston, Amerika Serikat, kopi tanah air berhasil membukukan transaksi bernilai ratusan milyar.

“Rangkaian (pameran) ini membawa Indonesia mencapai transaksi USD 26,3 juta (sekitar Rp 360 milyar) khusus untuk kopi spesial,” demikian keterangan tertulis Atase Pertanian Washington, Hari Edi Soekirno, Selasa (14/5).

Dalam pameran yang berlangsung selama tiga hari itu, ada sekitar 13.000 pengunjung dan 75 negara peserta. Indonesia membawa delegasi tujuh perwakilan, masing-masing dari CV Gayo Mandiri, Santiang Exports, Meukat Komoditi Gayo, PTPN XII, Gayo Bedetak Nusantara, Upnormal Coffee Roastery, dan Tentera Coffee Roasters.

“Indonesia juga mengikuti kejuaraan World Brewers Championship dan World Barista Championship ,” lanjut Hari Edi.

Sebagai informasi, World Brewers Championship adalah kompetisi bergengsi yang memamerkan kerajinan dan keterampilan menyaring kopi dengan tangan.

Para kontestan datang dari seluruh dunia. Ada pun World Barista Championship ada lah kejuaraan barista dunia yang diselenggarakan setiap tahun. Di kejuaraan tersebut, Atase Pertanian beserta staf juga hadir dan berkolaborasi dengan pihak Atase Perdagangan dan Konsulat Jenderal.

“Kami melakukan berbagai kegiatan promosi komoditas kopi spesial kepada publik Amerika dan internasional,” ujarnya.

Baca Juga : Raih Penghargaan di Perancis, Produk Kopi Indonesia Kian Diakui Dunia

Kiprah kopi tanah air di ajang dunia sebelumnya juga tercatat saat meraih penghargaan dari Agency for the Valorization of the Agricultural Products (AVPA) di Paris, Prancis, tahun lalu.

AVPA adalah organisasi di Prancis yang memiliki kepedulian membantu produsen produk pertanian dari seluruh dunia, utamanya untuk memasarkan produk mereka di Eropa.

Pada ajang itu sebanyak 23 jenis kopi dari 11 produsen berhasil mengungguli produk kopi lain dari berbagai negara penghasil kopi. Saat itu Indonesia hanya kalah dari Kolombia yang menyabet 25 penghargaan dari 14 produsen.

Baca Juga : Indikasi Geografis, Garansi Mutu Kopi Indonesia di Pasar Internasional

Kopi Indonesia punya nama yang mengkilat di industri kopi dunia. Indonesia merupakan produsen kopi terbesar keempat dunia setelah Kolombia, Vietnam, dan Brasil. Tak kalah penting, banyak kopi Indonesia yang diakui kualitasnya di seluruh dunia, di antaranya kopi Gayo, Toraja, dan Flores.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan