border=

Mangga, Buah Kaya Protein Penyelamat Warga Venezuela dari Kelaparan

Mangga, Buah Kaya Protein Penyelamat Warga Venezuela dari Kelaparan
(Anak-anak di Venezuela sibuk mengumpulkan buah mangga sebagai alternatif makanan pengganjal perut. Image : Liza’s Venezuela)

Pomidor.id – Krisis politik di Venezuela beberapa waktu belakangan telah menjerumuskan negara itu ke dalam kekacauan. Akibat hiperinflasi yang sangat parah sejak 2017, warga kesulitan mengakses kebutuhan dasar seperti makanan yang harganya melonjak puluhan hingga ratusan kali lipat. Meski demikian, ada satu buah kaya protein yang berlimpah yang setidaknya sedikit berjasa menghindarkan penduduk Venezuela dari kelaparan. Mangga!

Dilansir dari Directo Alpaladar, saat ini sedang memasuki musim buah mangga di Venezuela. Pohon-pohon mangga yang tak terhitung banyaknya yang ditanam untuk penyejuk di taman-taman dan di jalanan, kini memasuki masa produksi penuh. Warga pun bisa mendapatkannya secara gratis.

Pohon-pohon mangga yang dibudidayakan di negara Amerika Latin ini termasuk jenis yang sangat produktif. Masa berbuahnya hingga tiga kali setahun. Mangga sendiri termasuk buah yang kaya akan vitamin A, vitamin C dan serat.

Baca Juga : Pertanian Organik Selamatkan Kuba dari Bencana Kelaparan

Ketersediaan mangga yang melimpah serta bisa diperoleh secara gratis ini tentu sangat membantu. Sebelumnya mangga hanya dikonsumsi sebagai makanan penutup atau jus. Namun morat maritnya kondisi perekonomian saat ini yang berdampak pada membumbungnya harga pangan, membuat sebagian warga tak punya banyak pilihan. Mereka menjadikan mangga sebagai menu sarapan, makan siang dan sekalian makan malam.

Keluarga-keluarga yang memiliki pohon mangga di pekarangan pribadi mereka memetik buahnya dan membagikan kepada yang membutuhkan. Salah seorang warga pemilik puluhan pohon mangga, Ingrid Áñez, mengaku memberikan sekitar 200 mangga sehari kepada para tetangganya.

Ia mengatakan di tahun-tahun sebelum krisis, banyak mangga yang terbuang atau tak sempat dipanen. Akan tetapi hal itu kini tak terjadi lagi.

“Sekarang tidak ada yang terbuang. Semuanya kita kumpulkan dan bagi-bagikan,” ujar Áñez.

Baca Juga : Mangga Miyazaki, Cara Panennya Beda dengan Mangga Lainnya

Mengingat krusialnya buah kaya protein ini sebagai alternatif makanan bagi penduduk, tak heran jika kemudian ada pula yang berseloroh :

“Mangga adalah bantuan kemanusiaan yang sesungguhnya yang menyelamatkan penduduk dari ancaman kelaparan!”

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan