Argentina Produsen Lemon Paling Efektif di Dunia

Argentina Produsen Lemon Paling Efektif di Dunia
(Perkebunan Lemon di Tucuman yang terletak di barat laut Argentina. Image : El Tucumano)

Pomidor.id – Argentina merupakan negara di mana perkebunan-perkebunan lemonnya terintegrasi sangat baik dengan industri pengolahan pasca panen serta pusat pengembangan penelitiannya. Tak heran jika negara di Amerika Selatan itu terkenal sebagai produsen lemon paling efektif sejagad.

Data dari Global Market, Argentina memproduksi sekitar 1,3 juta ton lemon di tahun 2017. Produksi itu masih di bawah India, Meksiko dan China. Namun soal efektivitas pemanfaatan lemon, Argentina adalah juaranya.

Muat Lebih

Dari 1,3 juta ton lemon yang dihasilkan, 1 juta ton diperuntukkan khusus untuk produksi minyak atsiri, jus pekat dan kulit kering. Sementara 300 ribu ton sisanya diekspor sebagai buah segar.

Baca Juga : Italia adalah Produsen Jeruk Organik Terbesar di Dunia

Minyak esensial lemon harganya sangat mahal karena dibutuhkan 3 hingga 4 lemon hanya untuk mendapatkan 1 tetes minyak yang digunakan oleh industri makanan sebagai penyedap. Minyak esensial lemon juga dipakai untuk campuran produksi kosmetik, parfum dan produk pembersih. Dari 14 ribu ton minyak esensial lemon yang diperdagangkan di pasar global, 40%-nya diproduksi Argentina.

Sedang kulit lemon digunakan untuk mengekstrak pektin, produk pengental dalam industri makanan dan farmasi.

Wilayah utama produsen lemon di Argentina adalah Tucuman yang menghasilkan 80% dari agroindustri ini. Perkebunan lemon di Tucuman menempati lahan lebih dari 50 ribu hektar dan memperkerjakan 50 ribu pekerja secara langsung. Ada pun putaran ekonomi yang dihasilkan dari sektor agroindustri ini di wilayah tersebut sekitar USD 300 juta setiap tahunnya.

Industri Lemon di Tucuman, Argentina
(Diapit gunung Medina and Aconquija yang berhawa sejuk menjadikan Tucuman tempat ideal sebagai pusat pengembangan produksi sitrus dan lemon di Argentina. Image : Clarin)

Baca Juga : Citrus Greening, Penyakit Mematikan Pada Tanaman Jeruk

Tucuman juga memiliki pusat penelitian pertanian, The Obispo Colombres Experimental Station. Tempat ini memiliki riset untuk teknologi produksi, pengujian tanaman bebas virus, pengujian varietas, dlsb. Dengan fasilitasnya yang sangat lengkap, pusat riset ini menjadi tulang punggung produksi lemon dan aneka macam jeruk di Argentina.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan