Bercak Daun Septoria Pada Tanaman Tomat dan Cara Mengatasinya

Penyakit Bercak Daun Septoria
(Bercak daun Septoria adalah penyakit yang kerap menyerang tanaman famili Solanaceae, termasuk tomat . Image : Pomidor)
Pomidor.id – Bercak daun Septoria atau dikenal juga dengan nama Septoria blight, adalah penyakit yang sangat umum menyerang tanaman tomat. Tak hanya pada tanaman tomat, penyakit yang disebabkan oleh jamur Septoria lycopersici ini juga menyerang tanaman lain dalam keluarga Solanaceae seperti terong dan kentang.

Bercak daun Septoria sebenarnya tidak selalu berakibat fatal pada tanaman yang terserang. Namun penyakit ini dapat menyebar dengan cepat dan melemahkan tanaman. Tanaman menjadi tidak dapat menghasilkan buah hingga matang.

Spora jamur Septoria lycopersici bertahan hidup di bekas tanaman tomat dan rumput liar. Kemudian menyebar melalui perantara air dan angin. Ia akan cepat berkembang ketika menemukan kondisi yang ideal (lembab).

Muat Lebih

Secara kasat mata, identifikasi awal tanaman terinfeksi penyakit ini adalah munculnya bintik/bercak daun berbentuk melingkar di bagian bawah daun yang sudah tua. Ukurannya sangat kecil dengan warna coklat gelap atau keabu-abuan di pusatnya.

Saat penyakit bercak daun Septoria berkembang, bintik-bintik itu akan membesar dan menyatu. Tanaman yang terinfeksi dapat dilihat gejalanya pada daun-daun tua di bagian bawah dekat permukaan tanah. Namun gejala serangan juga dapat muncul di batang dan kelopak bunga.

Bintik Bercak Daun Meluas
(Bintik/bercak daun yang mulanya titik-titik kecil, cepat meluas dan menyatu. Image : Pomidor)

Apabila tak segera ditangani, penyakit ini akan menyebabkan daun cepat menguning, kering dan akhirnya rontok. Hal ini tentu akan berdampak langsung pada tanaman berikut buahnya. Daun-daun yang gampang rontok pada akhirnya akan melemahkan tanaman tomat dan membuatnya berhenti berproduksi. Seandainya pun berbuah, buahnya kecil-kecil dan kurang disukai pasar.

Baca Juga : Penyakit Busuk Daun Pada Tanaman Kentang

Meski sangat sulit untuk menghindari sama sekali tanaman tomat dari serangan bercak daun Septoria, ada beberapa tindakan pencegahan yang dapat dilakukan untuk mengurangi dampak serta mencegah penyebarannya.

  1. Jangan menggunakan benih dari tanaman yang terinfeksi. Memang tidak ada bukti sahih penyakit ditularkan dari benih. Namun lebih baik main aman dengan membeli benih dari perusahaan pembenihan yang terpercaya.
  2. Buang jauh-jauh semua tanaman yang terinfeksi. Kalau perlu dibakar.
  3. Rotasi secara berkala dengan tanaman yang bukan dari famili Solanaceae.
  4. Saat musim kemarau, hindari penyiraman pada daun. Lebih baik menyiram di pangkal tanaman. Pasalnya, air mempercepat penyebaran Spora jamur Septoria lycopersici. Sementara di musim hujan, pasanglah mulsa plastik hitam perak. Mulsa akan mencegah spora jamur di tanah terciprat ke daun bagian bawah ketika hujan.
  5. Menanam tidak terlalu berdekatan. Idealnya jarak antara satu tanaman tomat dengan tanaman tomat yang lain adalah 50 cm. Hal ini akan memudahkan sirkulasi udara sehingga tidak terlalu lembab.

    Buah Tomat Rontok
    (Penyakit bercak daun Septoria sangat mudah menyebar. Pada tingkatan yang parah, buah mudah rontok, tanaman kemudian akan mengering dan mati. Image : Pomidor)

Baca Juga : Stemphylium Leaf Blight, Penyakit Bercak Daun Pada Bawang Merah

  1. Gunakan fungsida yang mengandung tembaga atau kalium bikarbonat karena membantu mencegah penyebaran penyakit. Aplikasi fungisida musti dilakukan segera setelah ada tanda-tanda serangan penyakit. Saat serangan sudah pada tingkatan yang parah akan menyulitkan penanganannya.
  2. Jika tidak dipasangi mulsa, rajin-rajinlah membersihkan gulma di sekitar tanaman tomat dan memangkas daun bagian bawah yang sudah tua. Sinar matahari yang tidak terhalang rimbunnya dedaunan sehingga dapat menyentuh tanah, akan menghambat perkembangan spora jamur.

Tinggalkan Balasan