Beverly Hills Kota Pertama di AS yang Larang Jualan Rokok

Beverly Hills Kota Pertama di AS yang Larang Jualan Rokok
(Pemandangan seperti ini tak akan lagi bisa dijumpai di Beverly Hills setelah Dewan Kota secara resmi meloloskan undang-undang larangan memperjualbelikan rokok di kawasan paling elit di AS tersebut. Image : CNBC)

Pomidor.id – Beverly Hills, salah satu kawasan paling elit di California, menjadi kota pertama di Amerika Serikat yang melarang penjualan tembakau dan seluruh produk turunannya. Larangan tersebut baru secara resmi diberlakukan tahun 2021.

Dilansir dari UPI.com, Dewan Kota Beverly Hills telah mengesahkan undang-undang yang melarang penjualan rokok di wilayahnya, Selasa (4/6). Namun undang-undang yang baru mulai berlaku tanggal 21 Januari 2021 itu bukan berarti sama sekali melarang orang merokok. Memperdagangkannya secara bebas yang tidak boleh.

Larangan tidak berlaku untuk tempat spesifik seperti hotel. Hotel-hotel masih diperbolehkan menjual cerutu dengan syarat hanya dijual kepada para tamu serta ada ruang khusus untuk merokok.

Dewan Kota meyakini undang-undang tersebut tak akan memiliki dampak besar terhadap turisme di wilayahnya. Kendati demikian, tetap akan ada observasi mendalam setelah tiga tahun pemberlakuannya.

Undang-undang larangan memperjualbelikan rokok adalah upaya terbaru untuk meningkatkan kesehatan warga yang tinggal dan bekerja di Beverly Hills. Otoritas setempat juga menyediakan program berhenti merokok secara gratis. Tak hanya itu, pemerintah kota pun terus menerus mempublikasikan informasi tentang efek bahaya merokok baik bagi perokok aktif maupun perokok pasif.

Baca Juga : Paus Larang Penjualan Rokok di Kota Vatikan

Sejumlah pihak meragukan efektivitas undang-undang larangan penjualan tembakau dan turunannya untuk menekan peredaran rokok di kawasan yang identik dengan tempat tinggal kaum jet set ini. Pasalnya, dua tetangga dekatnya seperti Los Angeles dan Hollywood Barat, rokok masih bebas diperjualbelikan. Ini sama artinya dengan beli rokoknya di wilayah tetangga tapi kebal kebulnya di Beverly Hills.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan