Kosta Rika Akan Perketat Penggunaan Glisofat Pada Tanaman Pangan

Kosta Rika Segera Perketat Penggunaan Glisofat Pada Tanaman Pangan
(Karena dampaknya yang sangat membahayakan kesehatan, Pemerintah Kosta Rika berencana memperketat penggunaan glisofat pada sektor pertanian, khususnya pada tanaman budidaya dan tanaman pangan. Image : Agencia Nova)

Pomidor.id – Kementerian Kesehatan Kosta Rika mengumumkan dalam waktu dekat akan menerbitkan regulasi yang memperketat penggunaan glisofat di sektor pertanian, khususnya tanaman pangan. Pasalnya, produk pembasmi gulma ini dinilai sangat beracun dan berbahaya bagi manusia.

Menurut Menteri Kesehatan Kosta Rika, Daniel Salas, herbisida yang termasuk paling banyak digunakan di lahan-lahan pertanian ini, dapat menyebabkan penyakit mematikan seperti kanker.

Muat Lebih

Di negara yang terletak di Amerika Tengah tersebut, glisofat sering digunakan untuk membasmi gulma di areal persawahan, perkebunan nanas serta tanaman sayur mayur.

Sebagai informasi, herbisida berbahan aktif glisofat dapat menghambat pertumbuhan dan mematikan tanaman yang tak diinginkan. Rumput liar, misalnya. Karena sifatnya yang berspektrum luas, herbisida ini tak hanya racun bagi gulma atau tanaman pengganggu. Tapi juga pada tanaman budidaya dan tanaman pangan. Penggunaan secara terus menerus dengan dosis tinggi membuat petani adalah pihak yang paling rentan terhadap efek langsung glisofat yang dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan.

Baca Juga : Awas, Penggunaan Roundup Tingkatkan Resiko Kanker 40%

Selain kanker, penggunaan glisofat juga dikaitkan dengan kejadian merebaknya penyakit ginjal kronis di Provinsi Guanacaste. Guanacaste adalah provinsi yang terletak di barat laut Kosta Rika yang terkenal sebagai sentra peternakan sapi dan perkebunan tebu.

Dilansir Agencia Nova, Pemerintah Kosta Rika akan membentuk unit kerja lintas kementerian untuk membahas persoalan ini. Beberapa kementerian yang dilibatkan di antaranya adalah Kementerian Kesehatan, Kementerian Pertanian serta Kementerian Lingkungan Hidup dan Energi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan