Malaysia Sambut Kebijakan China yang Ijinkan Impor Durian Beku

Durian Beku
(Buah durian beku dalam keadaan utuh kini bisa langsung diekspor ke China. Image : Channel News Asia)
Pomidor.id – Pemerintah Malaysia menyambut baik kebijakan Departemen Bea Cukai China yang mengijinkan impor durian beku dalam keadaan utuh. Sebelumnya, yang impornya diperbolehkan dalam keadaan beku hanya produk olahan durian.

Wakil Menteri Pertanian dan Indusri Agro Malaysia, Sim Tze Tzin mengatakan, terbukanya peluang mengekspor durian beku akan membuka pasar yang lebih luas bagi petani Malaysia. Ia memperkirakan hal ini akan berpengaruh terhadap stabilnya harga durian serta meningkatnya permintaan.

Buah durian dalam keadaan utuh termasuk langka di China. Umumnya durian yang beredar di negeri tirai bambu itu sudah berbentuk kupasan atau olahan.

Baca Juga : Demam Durian di China Bikin Negara-negara ASEAN Kewalahan

Ekspor durian Malaysia saat ini hanya sekitar 5,8% dari produksi durian secara keseluruhan. Negeri jiran ini mengekspor 17 ribu ton durian ke Singapura, Thailand, Hong Kong, Australia, Amerika Serikat dan China.

Namun jumlah itu masih kalah jauh dari kompetitor yang mampu mengekspor berkali-kali lipat, khususnya ke China.

“Setiap tahun China mengimpor 300 ribu ton durian, yang sebagian besarnya berasal dari Thailand. Dengan adanya kebijakan ini (ekspor buah durian dalam keadaan utuh dan beku), akan memperluas pasar bagi petani dan meningkatkan pendapatan mereka,” terang Tze Tzin dikutip dari Channel News Asia.

Malaysia mulai mengekspor durian beku tanpa kulit ke China sejak Mei 2011. Durian-durian tersebut dipacking dalam kemasan hampa udara dan siap konsumsi.

Baca Juga : Buah Durian itu Buah Asli Indonesia, Lho…

Varietas durian yang sangat disukai konsumen di China adalah Musang King. Meski harganya relatif mahal, satu kotak daging durian berbobot 300 gr harganya sekitar 328 Yuan (Rp 685 ribu), durian ini laku keras karena warna dagingnya yang kuning cerah dan teksturnya yang lembut. Dan tentu saja faktor yang paling dominan adalah rasanya yang maknyuss.

Durian Musang King
(Durian Musang King amat populer di kalangan penggila durian di China. Image : Steemit)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan