Sanksi Denda atau Penjara Bagi Pedagang Buah yang Gunakan Karbit

Sanksi Denda atau Penjara Bagi Pedagang Buah yang Gunakan Karbit
(Pemberian bahan kimia berbahaya seperti karbit untuk mempercepat proses pematangan buah sangat berbahaya bagi kesehatan. Image : The Guardian)
Pomidor.id – Apa yang dilakukan Pemerintah India ini layak juga diterapkan di Indonesia. Ancaman tegas berupa sanksi denda atau penjara akan dikenakan bagi pedagang buah yang kerap memberi karbit pada dagangannya. Pemberian karbit itu biasanya dimaksudkan agar buah yang dijual lebih cepat matang secara instant namun memiliki efek berbahaya bagi kesehatan.

Beberapa waktu lalu, Food and Drug Administration (semacam BPOM) India, mengumumkan bakal mengganjar sanksi denda atau penjara bagi pedagang buah nakal yang kedapatan memberikan karbit pada dagangannya. Dendanya pun tak main-main, yakni sekitar 500 ribu Rupee (lebih dari Rp 100 juta). Jika tak mampu membayar denda, sanksi kurungan penjara sebagai gantinya.

Ancaman sanksi berat ini dikeluarkan setelah FDA India melakukan penggerebekan di pasar Vashi APMC bulan Mei lalu. Aparat menyita sejumlah mangga yang dipaksakan matang dengan menggunakan karbit.

Baca Juga : Serikat Petani Nigeria Kecam Penggunaan Karbit untuk Produk Makanan

Shailesh Adhav, pimpinan FDA, mengatakan ada beberapa pedagang yang menggunakan suntikan dari bahan kimia untuk mematangkan buah secara instant. FDA sendiri telah berulang kali menerima keluhan dari konsumen yang jatuh sakit setelah mengkonsumsi buah yang diduga keras telah diberi karbit tersebut.

Ratusan lusin mangga yang disita dan dibawa ke laboratorium untuk diuji, ternyata mengandung bahan kimia beracun yang membahayakan kesehatan.

Selain menindak pedagang nakal, Adhav juga mengingatkan pentingnya kehati-hatian konsumen. Pasalnya, mangga atau buah lainnya yang dipaksakan matang dengan menggunakan bahan kimia seperti karbit dapat menyebabkan pusing, sakit kepala, kulit terbakar, alergi, muntah serta diare.

Mangga Karbitan Disita
(Lusinan buah mangga yang disita dari sebuah pasar di India. Mangga-mangga ini diduga keras matangnya dipaksakan dengan menggunakan bahan kimia berbahaya seperti karbit. Image : Pespro)

Baca Juga : Edan! Anggur Hijau Disemprot Cat Jadi Merah!

Karena itu, petani dan khususnya pedagang, dihimbau menghentikan praktik berbahaya menggunakan karbit untuk mematangkan secara instant buah-buahan dan makanan lainnya karena memiliki konsekuensi yang mematikan.

“Kalsium karbida (CaC2) adalah senyawa arsenik dan fosfor yang terbukti mengandung sifat karsinogenik yang berbahaya bagi kesehatan. Efek sampingnya sangat serius dan bisa berakibat fatal bagi yang mengkonsumsinya,” demikian penjelasan seorang pejabat kesehatan India seperti dikutip Free Press Journal.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan