Budidaya Buah Naga Kian Populer di Kalangan Petani Turki

Budidaya Buah Naga Kian Populer di Kalangan Petani Turki
(Bilal Bayram mengaku menanam buah naga dalam greenhouse hasilnya lebih menguntungkan. Image : Time Turk)

Pomidor.id – Kumluca adalah nama sebuah distrik di Provinsi Antalya, Turki, yang selama ini dikenal daerah penghasil tomat. Namun dalam beberapa tahun terakhir, ada kecenderungan sebagian petaninya untuk beralih ke budidaya buah naga karena menjanjikan keuntungan yang lebih besar.

Salah seorang petani dari Desa Beykonak, Bilal Bayram, sudah lebih dari tiga tahun lalu mengganti tanaman tomat dalam greenhousenya menjadi tanaman buah naga. Awal bulan Juni lalu, tanaman buah naganya sudah berbunga. Panen diperkirakan sudah mulai bisa dilakukan tanggal 20 Juli nanti.

Budidaya buah naga kian populer di kalangan petani di Turki karena lebih menguntungkan daripada produk tanaman budidaya lainnya.

Baca Juga : Wow, Greenhouse Mini untuk Melon Hasilkan Ratusan Juta Setahun

“Saya menanam buah naga di lahan seluas 0,15 hektar pada Juni-Juli 2017. Tahun ini adalah musim panen kedua. Saat ini pohon-pohon buah naga kami sudah berbuah. Tahun lalu, kami mulai memanennya pada bulan Juli dan berlanjut hingga Desember. Kami harap, musim ini panenan bisa lebih banyak lagi,” ujar Bilal Bayram kepada Haber Antalya.

“Tahun lalu kami menjual total 4 ribu buah. Kami menjualnya rata-rata seharga 15 Lira Turki (Rp 37 ribu) per buah. Untuk tahun ini, kami berharap panen 10 ribu sampai 15 ribu buah naga. Mudah-mudahan harga jualnya tidak berbeda dengan tahun lalu,” tambahnya.

Bayram mengakui menanam buah naga dalam greenhouse secara ekonomis lebih menguntungkan dibandingkan menanam tomat. Biaya pemupukan, penyemprotan dan ongkos tenaga kerja jauh lebih rendah, sementara harga buahnya jauh lebih tinggi.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan