Bus Stops Merangkap Bee Stops di Utrecht Belanda

Bus Stops Merangkap Bee Stops di Utrecht Belanda
(Halte multi fungsi. Tempat pemberhentian bis sekaligus tempat pemberhentian lebah. Image : Bright Vibes)

Pomidor.id – Kita tentu sudah familiar dengan pemberhentian bis, halte atau pun bus stops. Namun kita pasti agak-agak asing dengan istilah bee stops atau tempat mangkal lebah.

Di Belanda, tepatnya di Kota Utrech, saat ini ada 316 halte bis yang atapnya ditanami macam-macam tumbuhan. Tak hanya terlihat cantik, atap-atap “hijau” itu juga berperan menyerap debu, menyimpan air hujan serta tempat berteduh yang menyejukkan kala musim panas.

Yang menarik, selain untuk estetika dan menyediakan lingkungan yang lebih sehat, green roof di berbagai lokasi pemberhentian bis ini juga dimaksudkan dapat berkontribusi terhadap keanekaragaman hayati di perkotaan. Termasuk tempat yang nyaman bagi serangga seperti lebah madu untuk datang mengumpulkan serbuk sari dan melakukan penyerbukan.

Baca Juga : Sayangi Lebah, Karena Tanpanya Manusia Bisa Punah

Agar menarik kunjungan lebah, atap halte-halte ini ditanami aneka jenis bunga. Sementara untuk interiornya, dilengkapi dengan lampu led yang efisien dan bangku bambu atau kayu. Untuk bunga-bunga yang tumbuh di atapnya, dirawat oleh petugas khusus yang secara berkala berkeliling dengan kendaraan listrik.

Atap Halte Penuh dengan Bunga
(Atap bus stops yang merangkap bee stops ini penuh dengan tananam bunga. Image : Bright Vibes)

Para penumpang yang menunggu di tempat pemberhentian bis ini tak perlu khawatir bakal dikeroyok atau disengat lebah. Berbeda dengan tawon, secara umum lebah tidaklah agresif. Mereka lebih tertarik pada tanaman dan bunga di atap ketimbang orang-orang yang duduk di bawahnya.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan