Ethiopia Pecahkan Rekor Tanam 350 Juta Pohon dalam Satu Hari

Ethiopia Pecahkan Rekor Tanam 350 Juta Pohon dalam Satu Hari
(PM Abiy Ahmed berambisi memulihkan hutan di negaranya untuk menghadapi perubahan iklim. Image : Getty Images)

Pomidor.id – Bertempat di 1.000 titik di seluruh negeri, Pemerintah Ethiopia dibantu warga serta para pecinta lingkungan secara serentak menanam sekitar 350 juta pohon dalam satu hari. Pejabat Kementerian Lingkungan Hidup dan Pertanian Ethiopia mengatakan, hal itu bisa menjadi rekor dunia.

Kegiatan menanam ratusan juta pohon secara serentak itu merupakan inisiatif Perdana Menteri Abiy Ahmed untuk memulihkan daratan negaranya yang banyak tergerus oleh deforestasi. Upaya itu juga dimaksudkan untuk menghadapi perubahan iklim.

Banyak kantor pelayanan publik ditutup hari Senin (29/7) untuk memberi kesempatan aparatur sipil negara membantu menanam pohon di wilayah mereka masing-masing. Sang Perdana Menteri pun tak segan turut berkotor-kotor untuk menyukseskan gerakan penghijauan tersebut.

Baca Juga : Menanam Triliunan Pohon Cara Terbaik Melawan Perubahan Iklim

Ethiopia saat ini tengah berkampanye untuk menanam empat miliar pohon antara Mei hingga Oktober mendatang. Sejauh ini, sudah 2,6 miliar pohon yang telah ditanam.

Pecahkan Rekor Dunia
(Menanam 350 juta pohon dalam satu hari di Ethiopia mengalahkan rekor sebelumnya. Yakni, 50 juta pohon yang ditanam serentak di India pada tahun 2016. Image : Alternative Africa)

Menurut Farm Africa, sebuah organisasi yang terlibat dalam pengelolaan hutan di Ethiopia, luasan hutan di negara Afrika timur itu kini hanya tinggal 4 persen. Menurun tajam dibandingkan dua abad lalu. Saat itu, hutan hujan tropis Ethiopia luasnya mencapai 30 persen dari seluruh wilayah daratan di negara tersebut.

Namun cepatnya pertumbuhan populasi serta kebutuhan akan lahan pertanian, disebut sebagai faktor utama penyebab cepatnya deforestasi di Ethiopia.

Didukung Komunitas Internasional
(Upaya Ethiopia memulihkan hutan di negaranya didukung berbagai organisasi dan komunitas bisnis internasional. Image : Ethiopanorama)

Baca Juga : Metode Unik Sebarkan Benih Tanaman Penghijauan Gunakan Ketapel

Meski didukung komunitas internasional, ambisi Perdana Menteri Abiy Ahmed memperluas hutan dalam skala massif di negaranya bukannya tanpa kritik. Sejumlah pengamat politik mengatakan inisiatif tersebut tak lebih upaya pengalihan isu atas berbagai masalah di Ethiopia. Salah satunya adalah konflik etnis yang telah membuat sekitar 2,5 juta penduduk terpaksa mengungsi dan kehilangan tempat tinggalnya.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan