Kopi Brokoli Tak Hanya Bikin Sehat Tapi Juga Nikmat

Kopi Brokoli Tak Hanya Bikin Sehat Tapi Juga Nikmat
(Kopi brokoli campur latte. Image : CSIRO)

Pomidor.id – Meski belum sepenuhnya menjadi trend global, kopi brokoli kini mulai menjadi sajian istimewa kafe-kafe besar di banyak negara. Selain menyehatkan, rasa kopi ini, apalagi jika dicampur dengan latte, sangat nikmat.

Konsep kopi yang dicampur ekstrak bubuk brokoli, awalnya dikembangkan di Australia oleh Commonwealth Scientific and Industrial Research Organization dan Hort Innovation. Dari kafe-kafe di Melbourne, racikan kopi bercampur bubuk brokoli ini kemudian menyebar cepat ke seluruh dunia.

“Meningkatnya trend dalam pola makan sehat membuat pelaku agribisnis Australia selalu mencari terobosan untuk mendiversifikasi produk mereka. Hal ini juga berguna untuk mengurangi limbah produk makanan sekaligus memenuhi permintaan konsumen,” kata Kepala Eksekutif Hort Innovation, John Lloyd, dalam siaran pers.

“Penelitian menunjukkan rata-rata konsumsi warga Australia untuk sayuran setiap harinya masih belum sesuai dengan yang direkomendasikan. Tersedianya pilihan seperti bubuk brokoli akan membantu mengatasi hal ini,” tambahnya.

Baca Juga : Sayuran Jenis Brassica Cegah Pengerasan Pembuluh Darah Leher

Kopi brokoli sesungguhnya tak lebih dari kopi biasa. Namun penambahan satu sendok bubuk brokoli dalam satu cangkir kopi yang membuatnya sedikit berbeda. Baik itu kandungan nutrisinya maupun rasanya.

Bubuk atau serbuk brokoli ini adalah bubuk kering yang dibuat dari kepala sayuran brokoli yang dianggap terlalu jelek untuk dijual di pasar atau swalayan. Meski jelek atau tidak menarik, bukan berarti sayuran itu tak layak konsumsi. Masih banyak kandungan nutrisinya yang bermanfaat bagi tubuh. Sayang jika dibuang-buang begitu saja.

Pertimbangan inilah yang membuat brokoli apkiran dijadikan serbuk sehingga bisa berfungsi sebagai suplemen makanan. Tak terkecuali mencampurnya dengan kopi.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan