Menanam Triliunan Pohon Cara Terbaik Melawan Perubahan Iklim

Menanam Triliunan Pohon Cara Terbaik Melawan Perubahan Iklim
(Pohon dapat menahan laju perubahan iklim global. Image : Pixabay)
Pomidor.id – Langkah paling efektif untuk “berperang” melawan perubahan iklim adalah dengan menanam sebanyak mungkin pohon. Bukan jutaan. Bukan milyaran. Tapi triliunan pohon!

Demikian kesimpulan sebuah studi yang dilakukan sejumlah ilmuwan Swiss tentang cara terbaik melawan perubahan iklim yang dampaknya sangat besar terhadap kehidupan di planet bumi.

Mereka menyatakan masih tersedia begitu luas ruang untuk menanam hingga triliunan pohon. Bahkan di tengah padatnya kota-kota dan lahan-lahan di seluruh dunia, triliunan pohon itu bisa ditanam di wilayah seluas 9 juta km persegi atau nyaris seukuran negara Amerika Serikat.

Studi tersebut menghitung bahwa selama beberapa dekade ke depan, pohon-pohon baru itu akan dapat menyerap hampir 830 miliar ton karbon dioksida yang memerangkap panas dari atmosfir. Itu setara dengan polusi karbon yang diakibatkan ulah manusia selama 25 tahun terakhir.

Manfaat penanaman pohon akan segera terasa karena pohon membersihkan karbon dari udara. Wilayah yang ideal untuk penanaman pohon dalam jumlah massif ada di daerah tropis.

“Ini merupakan solusi (melawan) perubahan iklim yang paling murah. Juga paling efektif,” kata salah seorang peneliti, Thomas Crowther. Crowther adalah seorang ahli ekologi perubahan iklim di Institut Teknologi Federal Swiss di Zurich.

Enam negara yang wilayahnya masih cukup luas untuk menanam pohon-pohon baru ini adalah Rusia, Amerika Serikat, Kanada, Australia, Brazil dan China.

Sebelum penelitiannya, Crowther berpendapat ada cara lain yang lebih efektif untuk memerangi perubahan iklim selain pengendalian aktivitas yang menyebabkan emisi. Misalnya saja, beralih pola makan dari makan daging menjadi vegetarian. Namun penanaman pohon jauh lebih efektif karena pohon menyerap banyak karbon dioksida di udara.

Baca Juga : Polusi Udara Lama-lama Bikin Orang Jadi Telmi

Kendati demikian, Crowther mengingatkan bahwa menanam pohon bukan berarti dunia lantas bebas dari dampak aktivitas pembakaran minyak, batubara dan gas bumi  yang menjadi penyebab utama pemanasan global.

“Sia-sia saja jika tak dibarengi dengan pengendalian emisi,” jelasnya.

Menanam Pohon
(Bumi ini bukan warisan untuk anak cucumu. Tapi cuma titipan yang suatu saat musti kau kembalikan pada mereka. Image : Dok Pomidor)

Para peneliti menggunakan Google Earth untuk memetakan area yang dapat “dihutankan” sembari tetap menyisakan ruang untuk manusia dan lahan tanaman pangan.

Kepala tim peneliti, Jean-Francois Bastin, memperkirakan setidaknya masih ada tempat di planet ini yang bisa ditanami 1 triliun, bahkan 1,5 triliun pohon.

Saat ini ada sekitar 3 triliun pohon yang tumbuh di muka bumi.

Baca Juga : Metode Unik Sebarkan Benih Tanaman Penghijauan Gunakan Ketapel

Thomas Lovejoy, ahli biologi konservasi di Universitas George Mason, AS, menyebut studi tersebut sebagai “kabar baik”. Meski bukan bagian dari tim peneliti, ia mendukung ide penanaman pohon dalam jumlah besar. Hal ini karena pohon juga berfungsi mencegah lenyapnya sebagian keanekaragaman hayati.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan