Earth Alliance Janjikan USD 5 Juta untuk Perangi Kebakaran di Amazon

Earth Alliance Janjikan USD 5 Juta untuk Perangi Kebakaran di Amazon
(Organisasi lingkungan Earth Alliance yang didukung aktor Leonardo DiCaprio siap mengucurkan bantuan USD 5 juta untuk membantu pelestarian hutan Amazon. Termasuk memadamkan kebakaran yang terus meluas di hutan yang menjadi paru-paru dunia itu. Image : Associated Press)

Pomidor.id – Kelompok/organisasi lingkungan asal Amerika Serikat, Earth Alliance, Ahad kemarin menjanjikan bantuan USD 5 juta. Bantuan tersebut ditujukan untuk membantu memerangi kebakaran di hutan Amazon.

Organisasi yang disupport aktor Leonardo DiCaprio, pebisnis Laurene Powell serta investor Brian Sheth ini membentuk Amazon Forest Fund untuk penggalangan dana darurat. 100 persen donasi akan disalurkan untuk melindungi hutan hujan tropis Amazon.

Muat Lebih

“Seluruh dana akan didistribusikan langsung ke mitra lokal dan masyarakat adat yang melindungi hutan Amazon, keanekaragaman luar biasa satwa-satwa liar yang hidup di sana serta kesehatan planet secara keseluruhan,” demikian pernyataan resmi Earth Alliance dilansir UPI.com.

Pemimpin tertinggi Katolik, Paus Fransiskus, juga menanggapi hebatnya kebakaran di wilayah Amazon, Brazil. Di Vatikan hari Minggu kemarin, Paus berdoa agar kebakaran dapat diatasi secepat mungkin “dengan melibatkan komitmen semua orang”.

“Hutan itu (Amazon) adalah paru-paru bagi planet kita,” ujarnya.

Baca Juga : Kebakaran Hebat Hutan Amazon Resahkan Komunitas Internasional

Data satelit dari Institut Nasional Brazil untuk Riset Ruang Angkasa mengungkapkan bahwa sepanjang tahun ini ada 72.843 kebakaran terjadi di negeri samba itu. Lebih setengahnya terjadi di wilayah hutan hujan tropis Amazon. Meningkat 84 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

Sementara itu, pada hari Sabtu, Presiden Brazil, Jair Bolsonaro, memutuskan untuk menerjunkan tentara demi upaya membantu pemadaman kebakaran di negara bagian Rondonia, Para, Tocantins, Roraima, Acre dan Mato Grosso.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan