Filipina Serukan Peremajaan Jutaan Pohon Kelapa

Filipina Serukan Peremajaan Jutaan Pohon Kelapa
(Untuk meningkatkan produksi, Pemerintah Filipina berencana melakukan regenerasi sekitar 70 juta pohon kelapa di negara tersebut. Image : ist)

Pomidor.id – Departemen Pertanian Filipina pekan ini menyerukan penanaman kembali secara besar-besaran pohon kelapa. Peremajaan jutaan pohon kelapa di negeri jiran itu dilakukan demi mengembalikan produktivitas serta meningkatkan pendapatan masyarakat yang banyak bergantung pada sektor ini.

Sekretaris Departemen Pertanian, William Dar, mengatakan pemerintah akan secara aktif mendukung upaya untuk membantu meningkatkan produktivitas, meningkatkan ekspor dan menjadikan Filipina sebagai salah satu negara penghasil produk berbasis kelapa terbaik.

Muat Lebih

“Saat ini kami memiliki delapan laboratorium yang dilengkapi dengan teknologi embriogenesis somatik yang dapat membantu mempercepat kultur jaringan varietas pohon kelapa yang lebih baik. Ini adalah proyek percontohan,” kata Dar pada pembukaan Konggres Kelapa Dunia ke-2 di SMX Convention Center di Pasay City.

Hasil riset di provinsi-provinsi penghasil kelapa menunjukkan bahwa 70 juta pohon kelapa telah berusia tua dan mengalami penurunan produksi. Karenanya peremajaan jutaan pohon kelapa tersebut harus dilakukan untuk meningkatkan kapasitas produksi.

Baca Juga : Super Klon untuk Percepat Peremajaan Pohon Kelapa

Ada sekitar 3,6 juta hektar lahan yang ditanami pohon kelapa. Namun sebagian besar dari pohon-pohon tersebut sudah uzur dan hanya menghasilkan rata-rata 45 buah per pohon/tahun. Jauh lebih rendah ketimbang produksi kelapa di Indonesia yang rata-rata mampu menghasilkan 150 hingga 200 buah per pohon/tahun.

“Jika ingin bersaing, kita musti menghadirkan teknologi agronomi terbaik. Hanya ini satu-satunya cara untuk menggenjot ekspor kami,” tutur Dar kepada media.

Dengan program kultur jaringan, varietas baru di awal masa produksinya dapat menghasilkan 90 hingga 100 kelapa setahunnya. Dengan demikian, sudah mendekati produksi ideal 150-200 buah kelapa/tahun.

Kelapa selama ini menjadi andalan ekspor di Filipina selain pisang, jagung dan beras. Kelapa dan produk turunannya menyumbang 3,6 persen dari nilai total ekspor produk pertanian di negara tersebut.

Baca Juga : Ekspor Produk Olahan Kelapa Meningkat ke Eropa dan Amerika

Sebagai tambahan informasi, Filipina merupakan produsen kelapa terbesar kedua di dunia dengan kapasitas produksi 153,5 juta ton/tahun. Sedang Indonesia sendiri yang berada di urutan pertama, kapasitas produksinya mencapai 183 juta ton/tahun.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan