HKTI Apresiasi Peningkatan Nilai Ekspor Pertanian Indonesia

HKTI Apresiasi Peningkatan Nilai Ekspor Pertanian Indonesia
(Mentan Amran Sulaiman saat melepas ekspor komoditas pertanian ke manca negara. Nilai ekspor produk pertanian Indonesia meningkat signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Image : Dok Kementan)

Pomidor.id – Ketua Harian Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Jawa Barat, Entang Sastraatmaja, mengapresiasi peningkatan nilai ekspor pertanian yang dicapai Kementerian Pertanian selama empat setengah tahun terakhir. Peningkatan ini sekaligus bukti bahwa arah pertanian Indonesia sedang menuju lumbung pangan dunia.

“Tentu kita harus mempercayai angka-angka peningkatan ekspor yang dikeluarkan BPS (Badan Pusat Statistik),” ujar Entang dalam keterangan dalam keterangan tertulisnya, Senin (12/8).

Entang mengatakan peningkatan nilai ekspor pertanian ini sebaiknya diarahkan langsung pada kesejahteraan petani dengan mengacu pada Nilai Tukar Petani (NTP) dan Nilai Tukar Usaha Petani (NTUP). Kata Entang, Kementan bisa memasang target NTP hingga menyentuh angka 120.

“Menurut saya, Kementan memang harus berani memasang target angka 120 NTP supaya dampaknya bisa dirasakan. Tapi, kita harus apresiasi ekspor yang meningkat ini,” katanya.

Entang mengatakan, ke depan target yang dipasang Kementan bisa menjadi alat kampanye gratis pemerintah untuk membangkitkan semangat petani dalam meningkatkan produksi.

“Yang penting berani pasang target dulu. Selanjutnya saya yakin target yang dipasang itu mampu mendorong petani untuk lebih giat lagi dalam berproduksi,” katanya.

Baca Juga : Pertanian Dongkrak Neraca Perdagangan Indonesia

Sebagaimana diketahui, angka ekspor produk pertanian Indonesia terus mengalami peningkatan secara signifikan.

Tercatat, pada tahun 2013 angkanya mencapai 33,5 juta ton. Dalam tiga tahun terakhir, jumlah ekspor tersebut melonjak tajam menjadi 36,1 juta ton dan 40,4 juta ton. Lalu pada tahun 2017 dan 2018, jumlahnya kembali meningkat hingga 41,3 juta ton dan 42,5 juta ton.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan