Bantuan BEKERJA Diberikan Usai Pembuatan Kandang Rampung 100%

Bantuan BEKERJA Diberikan Setelah Pembuatan Kandang Selesai 100%
(Penyaluran bantuan Program BEKERJA 2019 akan diberikan kepada desa yang kandangnya sudah selesai 100%. Image : ist)
Pomidor.id – Selain mendapat bantuan Program BEKERJA berupa ayam beserta pakannya, RTMP (Rumah Tangga Miskin Pertanian) juga mendapat bantuan uang tunai sebesar Rp 500 ribu untuk pembuatan kandangnya. Namun bantuan untuk masing-masing RTMP baru akan disalurkan ketika pembuatan kandang telah selesai 100%.

Hasil verifikasi telah menetapkan 5.229 RTMP di Kabupaten Malang layak menerima bantuan Program BEKERJA sesuai SK Pejabat Pembuat Komitmen Pusvetma (Pusat Veternaria Farma) pada tanggal 6 Mei 2019. Verifikasi dilakukan dengan melibatkan aparat desa setempat.

Setelah itu dibentuk Unit Pengelola Kegiatan Kelompok (UPKK). UPKK ini yang akan menerima penyaluran bantuan biaya pembuatan kandang ayam sebesar Rp 500 ribu/RTMP.

Penyaluran bantuan biaya kandang dilakukan dengan mekanisme padat karya tunai. Proses pencairan biaya pembuatan kandang masing-masing UPKK telah diselesaikan 2 Agustus 2019 lalu. Uang kandang yang sudah di cairkan tersebut harus segera digunakan untuk membantu pembuatan kandang di masing-masing RTMP sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

Baca Juga : Program BEKERJA 2019 Berdayakan Rakyat Miskin di Kabupaten Malang

Dari data Pusvetma, hingga saat ini masih ada beberapa desa di Kabupaten Malang yang kandangnya masih belum jadi 100%. Kepala Desa dan UPKK diminta untuk terus mendorong penyelesaian pembuatan kandangnya.

“Pendistribusian bantuan hanya akan diberikan kepada desa yang kandangnya sudah selesai 100%. Kalau ada satu saja RTMP belum menyelesaikan kandangnya, tidak dibagikan dulu sampai semua selesai 100%,” ujar Agung, penanggung jawab Program BEKERJA untuk Kabupaten Nganjuk dan Malang.

Proses pendistribusian ini, lanjut Agung, akan diawasi oleh Tim Pengawas Program BEKERJA Kabupaten Malang. Tim pengawas terdiri dari unsur Satker (Satuan Kerja) Pusvetma, Dinas Provinsi dan Kabupaten, TKSK (Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan), perangkat desa, Babinsa dan Babinkamtibmas. Setelah proses pendistribusian, RTMP juga akan didampingi oleh tim pendamping.

”Kami telah melakukan pertemuan Sosialisasi dan Bimtek Program BEKERJA di Kabupaten Malang dengan tim pengawas dan tim pendamping. Termasuk UPKK, TKSK dan Kepala Desa tanggal 18 September kemarin. Hal ini sangat membantu kami sehingga program ini dapat berjalan lancar di Kabupaten Malang,” pungkas Agung. (NOT)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan