Bupati Malang Ingatkan Pentingnya Pengelolaan Keuangan Desa

Bupati Malang Ingatkan Pentingnya Pengelolaan Keuangan Desa
(Bupati Malang, HM Sanusi, saat memberikan sambutan di acara monitoring dan pengelolaan keuangan desa di Kepanjen, Senin (23/9). Image : Biro Humas Kab Malang)

Pomidor.id – Bupati Malang meminta jajaran Pemerintah Desa untuk meningkatkan kinerjanya sehingga di akhir tahun nanti seluruh target pembangunan yang telah ditetapkan dapat tercapai. Lebih khusus lagi, ia juga meminta perhatian serius berkaitan dengan pengelolaan keuangan desa.

Hal itu diungkapkan Bupati Malang, HM Sanusi, saat membuka acara pembinaan, monitoring, serta pengawasan keuangan desa tahun anggaran 2019 di Kepanjen, Kabupaten Malang, Senin (23/9).

Menurutnya, indikator pengelolaan keuangan yang berjalan baik adalah tersedianya laporan pertanggungjawaban yang jelas, terstruktur dan dilaporkan tepat waktu.

Oleh karena itu, ia menekankan kepada jajaran Pemerintah Desa agar dapat melakukan kegiatan pelaporan sebaik-baiknya.

“Laporan keuangan desa saat ini juga sudah menjadi salah satu prasyarat dalam mencairkan Dana Desa. Maka agar pembangunan desa dapat berjalan sesuai rencana dan pemanfaatannya berjalan maksimal, aparat Pemerintah Desa harus mampu melaksanakan dan melaporkan pengelolaan keuangan desa sesuai aturan yang telah ditetapkan,” tegas Bupati Sanusi.

Selain itu, ia menambahkan, ada beberapa aspek yang berkelindan dengan pengelolaan tersebut. Misalnya, upaya untuk meningkatkan aspek sumber daya manusia. Juga pembangunan sarana dan prasarana desa. Ada pun pembagian dana dilakukan proporsional sesuai dengan kondisi geografis masing-masing desa.

Baca Juga : Pembangunan Infrastruktur dari Dana Desa Tingkatkan Pendapatan Petani

Bupati Sanusi berharap seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik dan serius. Hal ini karena manfaatnya yang sangat besar bagi pemerintah dan masyarakat desa.

Dalam acara pembinaan, monitoring serta pengawasan pengelolaan desa tersebut, dihadiri pula oleh Kapolres Malang, Kepala Kejaksaan Negeri Malang, Sekretaris Daerah serta para Camat di seluruh wilayah Kabupaten Malang. (NOT)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan