El Savador Kerahkan Anjing Pelacak Fusarium di Bandara

El Savador Kerahkan Anjing Pelacak Fusarium di Bandara
(Anjing dengan kemampuan khusus mendeteksi spora jamur Fusarium dikerahkan di Bandara Internasional El Savador. Image : El Mundo)
Pomidor.id – Kementerian Pertanian dan Peternakan (MAG) dan Badan Karantina Pertanian (OIRSA) El Savador mengerahkan unit anjing dengan kemampuan khusus. Unit anjing yang ditempatkan di Bandara Internasional San Oscar Arnulfo Romero tersebut mampu mendeteksi produk-produk tanaman dalam koper penumpang dan kru maskapai yang mungkin mengandung spora jamur Fusarium.

Keempat anjing pelacak Fusarium yang terlatih ini memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi. Yakni, hingga 95% dalam mendeteksi buah-buahan, biji-bijian, daging, produk daging atau produk susu dalam koper atau berbagai medium lainnya yang terkontaminasi penyakit mematikan bagi tanaman tersebut. Khususnya tanaman pisang.

Dilansir dari El Mundo El Savador, Kepala OIRSA, Efrain Medina Guerra, mengatakan bahwa pengerahan unit anjing pelacak Fusarium tak hanya di bandara. Namun dalam waktu dekat juga akan dibawa ke perbatasan darat dan laut El Savador untuk mencegah masuknya produk apa pun yang terkontaminasi penyakit pisang atau penyakit lainnya.

Baca Juga : Industri Pisang Global Siaga Satu Paska Serangan Penyakit di Kolombia

Penyakit layu pada Musaceae (famili pisang-pisangan) merupakan salah satu dari sepuluh penyakit paling berbahaya di dunia. Penyakit ini disebabkan oleh jamur Fusarium Tropical Race 4 (TR4). Penyakit ini dapat ditularkan secara massif di tanaman pisang melalui alat, sepatu/alas kaki petani atau pun aliran air yang tercemar.

Sejumlah negara di Amerika Tengah dan Selatan, produsen utama pisang di dunia, sudah menyatakan kondisi siaga satu menghadapi ancaman TR4. Baik itu dengan mengisolasi total daerah yang terkontaminasi maupun memperketat perbatasannya masing-masing. Hal itu demi mencegah merebaknya penyakit yang berpotensi menghancurkan industri pisang global tersebut.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan