Empat Eks Gajah Sirkus Dapat Pensiun Layak di Denmark

Empat Eks Gajah Sirkus Dapat Pensiun Layak di Denmark
(Denmark membeli empat eks gajah sirkus dan memberi mereka tempat perlindungan yang layak agar dapat menikmati masa istirahat dengan nyaman. Image : Denmark Ministry of the Environment and Food)
Pomidor.id – Hari-hari unjuk kebolehan bagi Ramboline, Lara, Djunga dan Jenny sudah berakhir. Keempat gajah sirkus itu sudah cukup uzur dan memasuki masa pensiun. Hebatnya, Pemerintah Denmark membeli mereka dengan harga USD 1,6 juta (Rp 23 miliar) dan mencarikan tempat untuk beristirahat dengan nyaman di sisa hidup mereka.

Denmark sendiri merupakan salah satu negara yang secara bertahap melarang penggunaan hewan liar di sirkus.

“Kami sudah menemukan solusi yang lebih baik bagi mereka (gajah sirkus),” kata Menteri Pangan dan Lingkungan Denmark, Mogens Jensen, dalam keterangan resmi.

Jensen menambahkan bahwa hewan liar bukan hanya dimanfaatkan untuk kepentingan komersial. Di Parlemen nanti ia akan mengusulkan diterbitkannya undang-undang kesejahteraan hewan yang baru. Undang-undang itu akan melarang secara total penggunaan hewan liar di sirkus pada akhir tahun ini.

Dari keempat gajah tersebut, tiga berasal dari Cirkus Arena dan satunya lagi dari Cirkus Trapez.

Baca Juga : New York Larang Gajah Sebagai Hewan Pertunjukkan

Kementerian terkait menerima aplikasi untuk rumah peristirahatan bagi gajah-gajah eks sirkus tersebut. Namun aplikasi hanya dibatasi pada kebun binatang atau fasilitas perawatan hewan yang dikelola profesional. Individu tidak bisa mengajukan permohonan untuk merawat mereka.

Batas waktu pendaftaran adalah hingga 30 September mendatang. Sampai ditempatkan di rumah baru mereka, Pusat Perlindungan Hewan Denmark akan memastikan “kesejahteraan” mereka.

“Sungguh sedih mengucapkan perpisahan kepada tiga gajah kami,” kata Benny Berdino, Direktur Cirkus Arena.

“Namun pada saat yang sama saya juga senang mereka sekarang dapat pensiun dan menikmati masa istirahat dengan tenang,” lanjutnya.

Pertunjukkan Sirkus Menggunakan Gajah
(Banyak negara telah memberlakukan larangan pertunjukkan sirkus menggunakan gajah. Image : Getty Images)

Baca Juga : Hollywood Bisa Berperan Dalam Pelestarian Lingkungan

Keputusan Denmark untuk mengakhiri eksploitasi hewan liar di pertunjukkan sirkus tak lepas dari trend yang terjadi di dunia. Sirkus di berbagai tempat di seluruh dunia telah menghentikan pertunjukkan yang melibatkan hewan-hewan liar yang dilindungi seperti gajah, singa, harimau, beruang, zebra, dll.

Ringling Bros dan Barnum & Bailey Circus, dua dari sirkus terbesar, sejak tahun 2015 lalu mengumumkan bahwa telah secara sukarela menghapuskan penampilan gajah di pertunjukkan sirkus mereka. Ironisnya, keputusan ini membawa akhir yang pahit dua tahun setelahnya. Keduanya terpaksa menutup pertunjukkan sirkus mereka. Tanpa gajah, penonton yang datang menyusut drastis.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan