Kekerasan di Meksiko Bisa Berakibat Negatif Pada Ekspor Alpukat ke AS

Kekerasan di Meksiko Bisa Berakibat Negatif Pada Ekspor Alpukat ke AS
(Alpukat menjadi andalan ekspor Meksiko. Namun aksi kekerasan yang terus terjadi di daerah penghasil alpukat seperti Michoacan, dapat menjadi mimpi buruk bagi petani dan Pemerintah Meksiko. Image : El Pais)
Pomidor.id – Amerika Serikat mengingatkan Meksiko bahwa aksi kekerasan oleh geng-geng kriminal yang marak terjadi akan berakibat buruk pada ekspor alpukat ke AS.

Hal itu dinyatakan Departemen Pertanian AS (USDA) dalam sebuah nota keras ke asosiasi produsen alpukat Meksiko (APEAM). Pasalnya, tenaga kesehatan asal Paman Sam tak terjamin keselamatannya di perkebunan-perkebunan alpukat di negara bagian Michoacan, Meksiko.

Tindak kekerasan sering terjadi akibat ulah geng kriminal seperti Jalisco Nueva Generación Cartel (CJNG) yang berupaya menancapkan kuku kekuasaannya di wilayah tersebut. Michoacan sendiri merupakan salah satu kawasan paling rawan kejahatan sadis di Meksiko.

Dilansir dari El Pais, apabila keamanan tak segera membaik, USDA mengancam akan menangguhkan pemberian sertifikasi buah. Penangguhan sertifikasi ini bisa berujung fatal pada ekspor alpukat ke AS.

Baca Juga : Vietnam Siap Penetrasi Pasar Alpukat AS yang Dikuasai Meksiko

Sebelumnya, beberapa insiden terjadi pada petugas AS yang bekerja di Michoacan. Puncaknya terjadi pada tanggal 16 Agustus lalu. Saat itu para pejabat dari Dinas Inspeksi Hewan dan Tanaman AS dicegat, diancam dan kendaraan mereka dicuri di sebuah perkebunan alpukat di kota Ziracuaretiro.

Pemberian sertifikasi dari Dinas Inspeksi Hewan dan Tanaman AS menjadi garansi keamanan pangan bagi masuknya produk pertanian dan peternakan Meksiko ke AS.

Sementara di sisi lain, Meksiko juga memiliki Badan Area Pra-Otorisasi dari Departemen Pertanian yang memastikan semua persyaratan sanitasi untuk ekspor ke Amerika Serikat terpenuhi.

Dikawal Polisi
(Mengingat maraknya aksi geng-geng kriminal, adalah pemandangan yang lazim pengiriman alpukat dari kebun-kebun dikawal polisi. Image : The Guardian)

Baca Juga : Ekspansi Perkebunan Alpukat Timbulkan Masalah Lingkungan

Sebagai informasi, Michoacan adalah produsen alpukat utama di dunia. Michoacan juga merupakan satu-satunya negara bagian di Meksiko yang memiliki izin ekspor alpukat langsung ke tetangganya di utara itu.

Tahun lalu saja ekspor alpukat Meksiko ke AS menghasilkan devisa tak kurang dari USD 2,5 miliar. Jumlah itu melampaui penjualan minyak yang nilainya USD 1,18 miliar.

Di negeri sombrero, alpukat dikenal sebagai emas hijau. Setelah tomat, alpukat menjadi penyumbang terbesar pendapatan ekspor Meksiko dari sektor pertanian.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan