Program BEKERJA 2019 Berdayakan Rakyat Miskin di Kabupaten Malang

Program BEKERJA 2019 Berdayakan Rakyat Miskin di Kabupaten Malang
(Bupati Malang, HM Sanusi (tengah), saat berbincang dengan sejumlah pejabat Kementerian Pertanian, di Kecamatan Pagelaran, Kamis (19/9). Image : Dok Humas Kab. Malang)
Pomidor.id – Prorgram Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (BEKERJA) Kementerian Pertanian dapat memberdayakan masyarakat miskin, khususnya di wilayah Kabupaten Malang. Ada 5.229 RTMP (Rumah Tangga Miskin Pertanian) yang dinilai layak mendapatkan bantuan dari Program BEKERJA 2019. Bantuan itu berupa 50 ekor ayam joper (silangan ayam kampung jantan dengan ayam petelur betina), 150 kg pakan dan obat-obatan untuk setiap RTMP.

Penyaluran perdana bantuan Program BEKERJA 2019 diserahkan di Lapangan Desa Kademangan, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang, Kamis (19/9). Selain Bupati Malang, HM Sanusi, acara dihadiri Inspektur IV Kementerian Pertanian, I Gede Made Kuswandana, dan sejumlah pejabat terkait. Juga hadir para penerima bantuan yang jumlahnya sekitar 250 orang.

I Gede mengatakan Kementerian Pertanian berharap Kabupaten Malang dapat menjadi pilot project Program BEKERJA 2019. Paket bantuan ayam joper diharapkannya bisa berkembang sehingga jumlah ayamnya semakin banyak dan meningkatkan pendapatan warga penerima.

Menurutnya, Desa Kademangan potensial menjadi kawasan peternakan ayam joper di Jawa Timur. Apalagi jumlah penerima bantuan cukup banyak dan lahan yang ada juga masih sangat luas.

“Kami tentu akan lakukan evaluasi. Jika berjalan baik, kuota bantuan bisa saja ditambah,” ujar I Gede.

Ia menambahkan, Kementerian Pertanian akan memberikan pendampingan kepada para penerima bantuan melalui Pusvetma (Pusat Veternaria Farma) dan kalangan akademisi.

“Mereka (penerima bantuan) akan dikenalkan kegiatan dan ilmu beternak yang benar. Nantinya dilakukan per kelompok desa,” jelasnya.

Baca Juga : Program BEKERJA Percepat Penurunan Kemiskinan Desa

Sementara itu, Bupati Malang, HM Sanusi, menyambut antusiasi bantuan dari Kementerian Pertanian. Apalagi bantuan beternak ayam lengkap dengan biaya pembuatan kandangnya.

“Ini tepat sekali. Hari ini mendapatkan bantuan ayam, pakan, sekaligus kandangnya. Atas nama Pemerintah Kabupaten Malang, kami berterima kasih atas bantuan ini. Semoga ke depan kuota bantuan bertambah lagi sehingga ada pemerataan,” kata Sanusi.

Pemkab Malang, lanjutnya, juga memiliki program bantuan ayam beserta kandangnya. Namun baru bisa dilaksanakan tahun 2020.

Ia berharap bantuan Program BEKERJA dikelola dan dimanfaatkan sebaik-baiknya sehingga dapat membantu ekonomi warga.

Baca Juga : Distribusi Jagung Pakan untuk Bantu Peternak Ayam di Malang

Untuk diketahui, Program BEKERJA di Kabupaten Malang menyalurkan bantuan berupa 261.450 ekor ayam dengan paket 150 kg pakan serta bantuan biaya pembuatan kandang Rp 500 ribu kepada 5.229 RTMP. Penerima bantuan tersebar di 29 desa di 3 kecamatan, Kecamatan Kepanjen (8 desa), Kecamatan Pagelaran (9 desa) dan Kecamatan Gondanglegi (12 desa).

Ke-5.229 RTMP tersebut sebelumnya telah diverifikasi datanya oleh aparat desa setempat sehingga mereka benar-benar dianggap layak menerima bantuan. (NOT)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan