Rusia Kembalikan Puluhan Ton Pisang Terkontaminasi Lalat Bungkuk

Rusia Kembalikan Puluhan Ton Pisang yang Terkontaminasi Lalat Bungkuk
(Proses pembersihan pisang sebelum dikirim ke luar negeri. Pisang menjadi salah satu andalan ekspor Ekuador. Image : Ecuador Times)

Pomidor.id – Otoritas kesehatan Republik Federasi Rusia melalui Badan Karantina, mencegat pengiriman 25 ton pisang dari Ekuador yang secara tak sengaja membawa serta lalat bungkuk hidup. Puluhan ton pisang itu dikapalkan menuju pelabuhan Novorossyisk di barat daya Rusia.

Lalat bungkuk atau yang dikenal hump-backed flies, tergolong lalat buah dari famili Phoridae. Yang mencemaskan, lalat ini juga pembawa potensial bakteri kolera vibrio.

Melalui pernyataan dari laman resminya, Rosselkhoznadzor (entitas yang bertanggung jawab atas kontrol sanitasi di Rusia), ini adalah kasus pertama di pengiriman pisang sepanjang tahun 2019. Impor dari kargo yang terkontaminasi dilarang masuk dan puluhan ton pisang tersebut dikembalikan ke negara asalnya, Ekuador.

Sebelumnya, dari hasil inspeksi oleh petugas Direktorat Antar Daerah Roseljoznadzor Selatan akhir pekan kemarin, diketemukan obyek karantina. Seekor lalat bungkuk yang masih hidup.

Lalat Bungkuk
(Penampakan lalat bungkuk atau hump-packed flies yang berpotensi menjadi vektor bakteri kolera vibrio. Image : Nature Close Ups)

Baca Juga : Pergoki Lalat Buah di Wilayahnya, Selandia Baru Siaga Satu

Sementara itu, Richard Salazar, Presiden Asosiasi Pemasaran dan Ekspor Pisang (Acorbanec) membenarkan kontainer yang terkontaminasi tersebut bermuatan pisang. Agrocalidad (Badan Regulasi dan Kontrol Fitosanitari Ekuador) sudah diberitahu tentang hal ini dan sekarang tengah melakukan penyelidikan.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan