90 Persen Pasokan Pisang di Rusia Berasal dari Ekuador

90 Persen Pasokan Pisang di Rusia Berasal dari Ekuador
(90% impor pisang Rusia dari Ekuador. Image : Fruit Trop)
Pomidor.id – Pekan lalu, selama empat hari berlangsung pameran makanan internasional, WorldFood, di Moskwa, Rusia. Dalam pameran itu terungkap bahwa 90 persen pisang yang beredar di Rusia diimpor dari Ekuador.

Menurut Sandra Monroy, manajer Frutadeli Equador, mengatakan Rusia menyerap 22% ekspor pisang dari negaranya. Setiap minggunya lebih dari satu juta kotak pisang dikirim ke Rusia. Hal ini menjadikan Ekuador sebagai pemasok utama buah kaya potasium ini ke negara beruang merah tersebut.

Di lain pihak, Sergey Svanidze, direktur pembelian perusahaan pengimpor buah Rusia, Aibarus, mengatakan perusahaannya mengandalkan impor pisang dari Ekuador karena negara itu memiliki pisang dengan kualitas terbaik.

“Pisang Ekuador juga tetap utuh meski harus menempuh perjalanan sangat jauh,” ujar Svanidze dikutip dari Russia Bussiness Today.

Baca Juga : Presiden Dorong Rusia Tingkatkan Impor Produk Makanan dari Indonesia

Sementara itu, Jomara Masache, perwakilan dari kantor dagang Ekuador di Moskwa, menekankan pentingnya pasar Rusia bagi produk buah, khususnya pisang.

“Saat ini, Ekuador adalah mitra dagang terbesar kedua Rusia untuk kawasan Amerika Selatan, setelah Brazil,” jelasnya.

Masache menyatakan ada tujuh perusahaan dari negaranya yang hadir di WorldFood. Ketujuh perusahaani itu bergerak di sektor ekspor buah-buahan, baik produk segar maupun olahan.

Untuk diketahui, WorldFood adalah event tahunan pameran makanan dan produk makanan bussiness to bussiness terbesar di Rusia. Tahun ini WorldFood yang diikuti puluhan perusahaan makanan dari berbagai negara, berlangsung di Moskwa mulai tanggal 24 hingga 27 September.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan