BPPT : Teknologi AI Bisa untuk Sektor Pertanian hingga Mitigasi Bencana

BPPT : Teknologi AI Bisa untuk Sektor Pertanian hingga Mitigasi Bencana
(Selain untuk pertanian, Artificial Intelligence juga dapat dimanfaatkan untuk mitigasi bencana. Image : CIO)
Pomidor.id – Pemerintah terus berupaya memacu penguasaan teknologi untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Diyakini bahwa lompatan kemajuan akan semakin tinggi, apabila didorong oleh teknologi yang dikuasai oleh bangsa sendiri.

Hadirnya era teknologi digital saat ini memberi kemudahan dalam segala aspek, mulai dari layanan publik, hingga produktivitas sektor industri.

Meski begitu penyedia layanan digital, kebanyakan masih dikuasai oleh pihak asing. Sehingga jaminan untuk kedaulatan data dan privasi masih belum optimal.

Muat Lebih

Menghadapi era digital tersebut, Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Hammam Riza menyampaikan bahwa dibutuhkan kesiapan yang matang, agar Indonesia dapat terus berdaulat dan berdaya saing di era digital ini.

BPPT sebut Hammam dalam keterangan resminya, saat ini terus melakukan penguasaan teknologi di bidang kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI), yakni dengan membangun BPPT Artificial Intelligence Innovation Center.

Baca Juga : BPPT Kembangkan Teknologi KSA Agar Akurat Hitung Produksi Padi

Keberadaan BPPT AI Innovation Center ini, ujar Hammam, akan semakin meningkatkan dukungan teknologi BPPT bagi semua kalangan. BPPT, imbuhnya, siap untuk melakukan kerjasama terkait penerapan teknologi AI di berbagai bidang.

“Pembangunan AI Center BPPT sudah dalam tahap penyelesaian. Kecanggihan teknologi AI atau kecerdasan buatan ini, harus kita optimalkan untuk percepatan dan efisiensi pembangunan nasional,” jelas Hammam usai pertemuan Indonesia AI Accelleration Advisory Board di Jakarta, Rabu (16/10/2019).

Ia menjelaskan, teknologi kecerdasan buatan dapat digunakan dalam berbagai sektor, mulai dari pertanian, farmasi, militer, hingga mitigasi bencana.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan