Gunakan Listrik Tenaga Surya, Budidaya Lele Lebih Menguntungkan

Gunakan Listrik Tenaga Surya, Budidaya Lele Lebih Menguntungkan
(Puji Maryanto dengan kolam terpal tempat budidaya lele yang listriknya memanfaatkan tenaga surya. Image : Pomidor)
Pomidor.id – Memanfaatkan lahan terbatas sekaligus irit listrik, seorang insinyur melakukan langkah cerdas dalam budidaya lele, yakni dengan menggunakan listrik tenaga surya.

Puji Maryanto, si tukang insinyur mengungkapkan, sudah dua tahun terakhir ini membudidayakan lele di kolam terpal dengan sistem bioflog dengan lele tebar padat. Di mana untuk budidaya lele tebar padat dibutuhkan listrik yang banyak untuk menghidupkan aerator agar lele tetap nyaman di kolam.

“Dengan menggunakan listrik tenaga surya pengeluaran biaya perawatan listrik untuk ikan lele menjadi bisa ditekan,’ jelas Puji di kediamannya di Jl. Barumun, Kota Malang.

Muat Lebih

Ia menambahkan selain untuk budidaya lele, listrik tenaga surya yang dibuat dirumahnya juga digunakan untuk berbagai keperluan rumah tangga yang lain. Seperti penggunakan kulkas, mesin cuci, komputer dan berbagai perangkat elektronik lainnya.

“Praktis dengan adanya listrik tenaga surya di rumah, untuk penggunaan listrik PLN di rumah hanya malam hari saja,’ tegas Puji.

Dari tiga kolam lele yang dimiliki Puji menyebutkan, biasanya masing masing kolam diisi sebanyak 1.500 ekor. Bibit ditebar saat ukuran 4-5 cm dan sudah panen saat usia ikan 4 bulan. Isi ikan rata-rata 12 ekor per kilogramnya.

“Untuk satu kilo gram lele produk saya dijual Rp 21.000/kg. Setiap kali panen selalu habis terjual,’” jelas Puji.

Dari pengalaman ini ia akhirnya mengajak beberapa tetangga untuk mau ikut juga budidaya lele dengan sistem bioflog. Saat ini ada tiga tetangga yang juga sudah memelihara dengan sistem ini dan bersama-sama membangun pasar.

‘Lele produk kami sehat, disukai pasar. Sehingga panen berapa pun kami tidak pernah kawatir sebab permintaan terus ada,’ terang Puji.

Puji Maryanto dengan Kolam Terpal Lelenya
(Puji Maryanto kini tengah mengembangkan usaha lelenya dengan menggandeng Kelompok Tani Wanita Rampal, Celaket, Kota Malang. Image : Pomidor)

Baca Juga : Eri Tri Wardana, Sukses dengan Andalkan Pakan Alami Lele

Dengan menekan pengeluaran listrik menggunakan listrik tenaga surya Puji menyebutkan budidaya lele bisa lebih menguntungkan. Pasalnya, jika hanya mengandalkan listrik dari PLN, keuntungan dari budidaya lele sangat kecil karena ada biaya tambahan untuk membayar rekening listrik.

Dari pengalaman yang sudah didapat selama ini, Puji mengaku semakin semangat mengembangkan usaha lele. Diantarnya kini melalui kelompok tani ikan Mina Anagata (ikan masa depan). Ia bersama rekannya kini telah melakukan kerjasama dengan Kelompok Tani Wanita (KWT) Kelurahan Rampal Celaket. (YOK)

Tinggalkan Balasan