Mangga dan Alpukat Sasaran Favorit Pencuri di Malaga

Mangga dan Alpukat Sasaran Favorit Pencuri di Malaga
(Perkebunan mangga di Malaga kerap menjadi sasaran pencurian. Image : ABC Sevilla)

Pomidor.id – Tingginya harga membuat kebun mangga dan alpukat di Malaga kerap disatroni pencuri. Selain mangga dan alpukat, wilayah di pesisir selatan Spanyol itu selama ini dikenal sebagai produsen utama buah-buahan tropis seperti buah zaitun dan jeruk.

Menurut Antonio Rodriguez dari Koordinator Asosiasi Produsen Pertanian Andalusia (COAG), banyak dari para pencuri itu yang disewa atau bekerja untuk pihak ketiga yang menyimpan hasil jarahannya di gudang-gudang. Buah-buahan hasil curian itu nantinya akan diperjualbelikan di bawah tangan.

Muat Lebih

Pencurian cenderung lebih sering terjadi pada musim panas yang bertepatan dengan masa panen. Tindakan kriminil ini menyebabkan kerugian ekonomi yang sangat besar serta menimbulkan kerusakan pada alat-alat mesin pertanian.

Dilansir ABC Sevilla, COAG menyatakan bahwa mangga dan alpukat di Axarquía, Malaga, adalah yang paling sering menjadi sasaran pencurian. Hal ini karena kedua buah tersebut bernilai jual tinggi.

Bulan Agustus lalu, Asosiasi Petani Muda Andalusia (ASAJA) mengecam aksi pencurian lebih dari 3 ton buah yang memasuki masa panen di sebuah perkebunan. Ini tak hanya merugikan petani. Tetapi juga merusak reputasi kedua buah tersebut di mata konsumen karena banyaknya buah curian yang beredar di pasaran.

Baca Juga : UE dan Europol Hadapi Meningkatnya Kasus Penipuan Makanan di Spanyol

Kendati demikian, COAG menyatakan situasinya mulai membaik setelah turun tangannya Guardia Civil (badan penegak hukum semi militer) dalam beberapa bulan terakhir. Guardia Civil dengan dibantu Kepolisian Nasional berhasil membongkar kasus-kasus kejahatan terkait makanan, termasuk pencurian hasil-hasil pertanian.

“Aparat (Guardia Civil) turun tangan dan langsung mengkover semua wilayah,” jelas Rodriguez.

Ia mendorong para pelaku usaha pertanian untuk mengajukan keluhan terkait tindak pencurian kepada Guardia Civil. Hal itu akan berdampak terhadap hadirnya aparat keamanan dalam jumlah besar, khususnya di daerah-daerah yang rawan pencurian.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan