AS Larang Impor Daging Sapi Asal Brazil

Pomidor – Menyusul inspeksi ditemukannya hal-hal yang dapat membahayakan konsumen, seperti sanitasi peternakan yang buruk dan masalah kesehatan hewan, Departemen Pertanian AS mengumumkan penghentian sementara impor daging sapi segar asal Brazil. Dalam pernyataan resminya, kebijakan larangan impor daging akan diberlakukan sampai Brazil mengambil tindakan yang tepat untuk mengatasi isu kesehatan ternaknya tersebut.

Brazil sendiri merupakan pemasok daging sapi kelima terbesar di Amerika Serikat, di bawah Kanada, Australia, Selandia Baru dan Meksiko. Tahun ini saja nilai ekspor daging sapi negeri samba itu ke AS mencapai 50 juta dolar.

“Meski perdagangan internasional menjadi bagian penting di Kementrian Pertanian, dan Brazil sudah lama menjadi partner kami, namun prioritas utama tetaplah melindungi konsumen Amerika,” demikian pernyataan Sonny Perdue, sekretaris Kementrian Pertanian AS.

Ia mengatakan inspeksi semua daging impor asal Brazil telah dilakukan sejak Maret tahun ini. Hasilnya, 11 persen suplai daging sapi segar asal Brazil ditolak masuk ke AS. Penolakan itu adalah yang tertinggi dibandingkan impor produk yang sama dari negara-negara lain yang tidak sampai 1 persen.

Sementara itu, Asosiasi Industri Daging Sapi Brazil segera merespon dengan mengeluarkan pernyataan bahwa tindakan “pembenahan sedang dilakukan.” Hal ini penting, mengingat AS menduduki posisi ke-9 pasar ekspor terbesar untuk produk daging sapi.

Karena itu, Jose Augusto de Castro, Presiden Asosiasi Perdagangan Luar Negeri Brazil, mengatakan larangan tersebut adalah berita buruk bagi industri peternakan di negaranya.

“Butuh waktu bertahun-tahun untuk masuk ke pasar AS. Jadi tentu saja ini kabar yang mengerikan bagi kami,” ujar Castro pada majalah O Globo.

Baca juga :

Ekspor Pertanian Rusia Geser Penjualan Senjata

Selama beberapa bulan terakhir, industri daging sapi di Brazil mengalami guncangan hebat. Ini terjadi setelah terungkapnya kong kalikong antara tim inspeksi (semacam BPOM) dengan produsen. Sejumlah produsen daging sapi rutin menyuap tim inspeksi untuk tetap memberikan sertifikasi kendati produk tersebut sudah busuk atau tercemar bakteri salmonella.

Sebelum AS, Tiongkok, Meksiko, Chile, Jepang, Hong Kong, dan Uni Eropa sudah melarang impor daging sapi asal Brazil sejak Maret lalu.

Sebagai respon atas masalah ini, pemerintah Brazil menutup 3 peternakan dan membekukan ijin ekspor 21 perusahaan pengemasan daging sapi. (inot)

2 thoughts on “AS Larang Impor Daging Sapi Asal Brazil

    • July 7, 2017 at 01:30
      Permalink

      pengen jadi raja import gan. Semoga indonesia bisa mewujudkan swasembada pangan sendiri

      Reply

Leave a Reply

%d bloggers like this: