Bawang Merah Sunion, Tak Bikin Mata Pedih Saat Dikupas

Pomidor.id – Jika Sampeyan sering senewen karena mata terasa pedas gara-gara mengupas bawang merah, maka ini ada berita bagus. Bayer, sebuah perusahaan raksasa Jerman, saat ini tengah mengembangkan jenis bawang merah yang tak lagi membuat orang bercucuran air mata saat mengupasnya. Sayangnya, bawang merah sunion, nama bawang merah itu, dalam waktu dekat ini baru akan di pasarkan di Eropa dan Amerika Serikat.

Dilansir dari laman Press Digital, bawang merah sunion sebenarnya telah dikembangkan selama 30 tahun. Bentuknya lebih kecil ketimbang bawang merah yang biasa kita kenal. Rasanya pun sedikit lebih manis. Bawang merah ini murni hasil persilangan alami sehingga tidak perlu dikhawatirkan merupakan hasil rekayasa genetik.

mengupas bawang merah
(Jika bawang merah sunion sudah beredar di Indonesia, tak perlu aneh-aneh begini untuk mengupasnya.)

Pada bawang merah yang biasa kita konsumsi, terdapat kandungan senyawa kimia berupa unsur belerang. Ketika dipotong atau dikupas, unsur belerang ini akan menguap (volatil) ke udara dan menimbulkan rasa panas pada mata. Untuk melindungi mata dari reaksi asam sulfat ini, maka mata akan mengeluarkan lebih banyak air sehingga “memaksa” kita menangis.

Baca Juga : Mengupas Bawang Merah Bikin Menangis? Ini Penyebabnya…

Meski juga mengandung unsur belerang, namun di bawang merah sunion kadar belerang ini akan terus menurun seiring dengan waktu. Bahkan semakin lama disimpan, bawang sunion akan terasa lebih manis dan lembut.

Rencananya, bawang merah sunion mulai akan dipasarkan di Amerika Serikat pada bulan Maret tahun ini. Beberapa tempat lahan pertanian di AS yang membudidayakan bawang jenis ini di antaranya adalah Nevada dan Washington.

Sementara Bayer, perusahaan raksasa asal Jerman yang berada di balik pengembangan bawang merah sunion, dalam waktu dekat akan fokus menggarap pasar Eropa.

Sayangnya, belum ada kabar lebih lanjut kapan bawang merah ini akan dipasarkan secara luas, termasuk ke Indonesia. Paling tidak, kan, kita tidak perlu lagi khawatir bercucuran air mata saat mengupasnya.

Leave a Reply

%d bloggers like this: