Pertanian, Angka Kecelakaan Kerja Tertinggi di Selandia Baru

Pomidor.id – Sektor pertanian masih merupakan sektor industri yang paling berbahaya di Selandia Baru. Menurut data LSM WorkSafe New Zealand, bulan November 2017, angka kecelakaan kerja di sektor industri penghasil pangan tersebut merenggut nyawa sembilan orang.

quad bike terguling
(Onggokan quad bike setelah terguling yang menewaskan pengendaranya. Quad bike banyak dipakai petani Selandia Baru untuk memudahkan pekerjaannya.)

Dari sejumlah korban jiwa itu, tiga di antaranya meninggal akibat kecelakaan yang melibatkan quad bike (motor beroda empat). Quad bike biasa dipakai untuk menjelajahi serta terkadang dipakai pula untuk kendaraan menyemprot pupuk dan pestisida di ladang-ladang pertanian.

Dengan total 124 orang tewas sepanjang enam tahun terakhir, tak pelak sektor pertanian mendapat predikat sebagai sektor paling mematikan di negara yang terkenal dengan buah kiwinya tersebut.

Sementara itu, sektor konstruksi menduduki peringkat kedua sebagai industri yang paling banyak menimbulkan kecelakaan fatal di Selandia Baru. Tahun 2017 kemarin, delapan orang kehilangan nyawa saat bekerja. Selama enam tahun terakhir, 35 orang meninggal saat bekerja di sektor konstruksi.

Baca Juga : Delivery Service Makanan Tingkatkan Kecelakaan di China

Sebetulnya tahun lalu jumlah keseluruhan pekerja yang tewas di tempat kerja adalah yang paling rendah selama lima tahun belakangan. Hingga November 2017, tercatat 26 orang meninggal akibat kecelakaan kerja, turun dari 31 orang di tahun sebelumnya.

Nicole Rosie
(CEO WorkSafe New Zealand, Nicole Rosie.)

Kepala Eksekutif WorkSafe New Zealand, Nicole Rosie, berharap kecelakaan fatal yang mengakibatkan hilangnya nyawa di tempat kerja akan menurun lagi di tahun 2018 ini.

“Kami tengah menuju pengurangan angka kecelakaan kerja seperti yang telah ditetapkan pemerintah sebelumnya. Saya optimis kinerja kesehatan dan keselamatan kerja di Selandia Baru menunjukkan arah perbaikan menyeluruh,” ujar Rosie dikutip dari media online setempat.

Kendati menunjukkan perbaikan, Rosie mengatakan ada beberapa bidang pekerjaan yang masih membutuhkan perhatian serius.

“Kami sadar paparan bahan kimia yang membahayakan kesehatan seperti partikel asbes, bahan kimia untuk pertanian dan radiasi matahari, membunuh 600-900 orang setiap tahunnya,” imbuhnya.

statistik angka kecelakaan kerja di NZ 2011-2017
(Statistik kecelakaan fatal yang menelan korban jiwa di NZ. Oranye : aktivitas petualangan. Biru : pertanian. Ungu : konstruksi. Abu-abu : pertambangan. Pink : kehutanan. Biru tua : manufaktur.)

Baca Juga : Perbudakan Modern di Industri Peternakan Brazil

Agustus tahun lalu, ahli koroner Brigitte Windle meminta pembatasan ketat seputar penggunaan quad bike, dengan mengatakan bahwa itu adalah hal yang “sangat mendesak” untuk dilakukan. Pandangan Windle ini didukung sepenuhnya oleh Rosie.

“Quad bike menyebabkan sekitar 25 persen kecelakaan fatal di sektor pertanian. Namun kami juga melihat adanya upaya positif untuk menangani masalah ini. Tak bisa tidak, kita harus bekerja sama untuk mencari solusi sehingga para petani dan pengendara quad bike dapat lebih terjamin keselamatannya,” pungkas Rosie.

One thought on “Pertanian, Angka Kecelakaan Kerja Tertinggi di Selandia Baru

  • January 3, 2018 at 09:42
    Permalink

    Kl di Indonesia pasti lbh tinggi kecelakaan di sektor pertanian. Wong org Kita kl kerja minus peralatan penunjang keselamatan kerja. Sayang, tdk ada angka pasti. PR nih utk kementan & kemenaker

    Reply

Leave a Reply

%d bloggers like this: