Kadin Minta Daya Saing Industri Pangan Terus Ditingkatkan

Kadin Minta Daya Saing Industri Pangan Terus Ditingkatkan
(Produk hasil pertanian merupakan komoditas strategis namun mudah berfluktuasi dan sangat dipengaruhi sistem perdagangan global. Image : Buah Lokal)

Pomidor.id – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia ingin pemerintah bisa menciptakan ekosistem iklim investasi ketahanan pangan. Hal ini dinilai dapat meningkatkan daya saing industri pangan Indonesia ke depan.

Hal itu diungkapkan Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Agribisnis, Pangan dan Kehutanan, Franky O. Widjaja pada rapat koordinasi nasional Kadin di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Selasa (5/11).

Muat Lebih

“Kami ingin pemerintah, terus menciptakan ekosistem iklim investasi ketahanan pangan. Hal itu perlu dilakukan agar sektor pertanian nasional mampu meningkatkan daya saingnya dalam persaingan internasional yang semakin dinamis dan kompetitif,” ujarnya.

Franky menjelaskan bahwa sistem perdagangan pangan global yang semakin terbuka menyebabkan harga produk pangan di dalam negeri ikut terpengaruh.

“Jadi, kondisi ini menyebabkan harga komoditas pangan strategis menjadi berfluktuasi. Maka itu, kita harus meningkatkan produk hasil pertanian menjadi produk final,” ungkapnya.

Baca Juga : Industri Pertanian Sudah Mendesak, Bos

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Pengolahan Makanan dan Industri Peternakan Juan P Adoe menyatakan bahwa pentingnya pertumbuhan investasi di subsektor pangan. Dan juga perlunya infrastruktur pembiayaan perbankan yang lebih inovatif dan kreatif.

“Sehingga mempermudah akses permodalan kepada petani dan peternak. Oleh karena itu, dengan skema perkreditan yang lebih kompetitif dan dapat menciptakan nilai tambah keuntungan bagi petani dan peternak,” pungkasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan