Mahasiswa Ciptakan Kantong Biodegradable dari Tepung Kentang

Mahasiswa Ciptakan Kantong Biodegradable dari Tepung Kentang
(Nông Văn Phước dan Đặng Nguyễn Xuân Trọng, dua mahasiswa Vietnam membuat kantong pengganti plastik dari bahan yang mudah didaur ulang. Image : Vietnam News)
Pomidor.id – Dua mahasiswa Universitas Ekonomi dan Keuangan Ho Chi Minh City Vietnam berhasil menciptakan produk mudah terurai dari tepung kentang. Jika diproduksi massal, produk ini dapat mengurangi penggunaan plastik sekali pakai. Hanya saja perlu hitung-hitungan secara ekonomis mengingat kentang juga menguntungkan untuk dijual langsung sebagai produk makanan.

Nông Văn Phước dan Đặng Nguyễn Xuân Trọng adalah mahasiswa tahun keempat jurusan Administrasi Bisnis dan Perdagangan Internasional.

Ide ini bermula dari Phước ketika mengikuti kontes bisnis tahun lalu yang temanya mengurangi dampak negatif sampah plastik terhadap lingkungan.

Muat Lebih

Sembari mencari ide untuk kontes, Phước memperhatikan seorang mahasiswi yang tengah memakan bungkus kertas nasi yang sepintas mirip kantong plastik.

“Saat itulah terbersit ide membuat kantong atau tas yang mudah didaur ulang,” tutur Phước.

Ia kemudian mengajak koleganya, Trọng untuk memulai percobaan dengan menggunakan tepung dari jagung dan singkong. Sayangnya, percobaan mereka tidak berhasil. Kemudian mereka mencobanya dengan pati yang diekstrak dari kentang hingga menjadi tepung untuk membuat kantong yang mudah terurai atau biodegradable. Tepung kentang itu dicampur dengan air dingin dan gliserin.

Mereka merebus campuran itu sampai kental. Kemudian menempatkannya ke dalam cetakan yang dikeringkan secara alami di bawah sinar matahari selama satu hari penuh.

Baca Juga : Keren! Bungkus French Fries dari Kulit Kentang

Kantong biodegradable dari tepung kentang fungsinya sama dengan kantong plastik biasa, namun hanya bisa untuk menyimpan barang kering. Phước dan Trọng juga membuatnya menjadi sendok dan mangkuk kecil yang dapat digunakan dalam air dingin maupun air panas selama 30-45 menit.

Produk ramah lingkungan ini dapat bertahan satu tahun jika disimpan dalam suhu yang tepat.

“Produk kami mudah terurai dalam tiga hingga lima bulan. Tentunya aman bagi konsumen,” kata Trọng kepada Vietnam News.

Peralatan Makan dari Tepung Kentang
(Peralatan makan yang terbuat dari tepung kentang. Image : Vietnam News)

Mengenai apakah sepadan dengan nilai ekonomisnya karena kentang juga merupakan produk makanan yang bernilai jual tinggi, mereka mengatakan bahan bakunya dapat menggunakan kentang sortiran atau tak layak jual. Kentang-kentang yang tak memenuhi standar pasar itu dapat diolah menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat. Bahkan kulitnya dan kentang yang sudah busuk pun dapat diekstrak untuk dijadikan tepung.

Baca Juga : CCF Kampanyekan Stop Penggunaan Sedotan Plastik

Kedua mahasiswa ini sekarang tengah mengajukan registrasi hak cipta untuk penemuan mereka. Mereka juga membuka tangan lebar-lebar bagi entitas bisnis yang berminat bekerja sama memproduksi massal kantong pengganti plastik dari tepung kentang tersebut.

“Kami membutuhkan dukungan untuk penelitian kami demi meningkatkan kualitas produk serta membuat produk baru,” tegas Phước.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan