border=

Uni Eropa Fasilitasi Kemudahan Sertifikasi Organik bagi Petani Kecil

Uni Eropa Fasilitasi Kemudahan Sertifikasi Organik bagi Petani Kecil
(Untuk meningkatkan daya saing petani organik skala kecil, Uni Eropa akan menerbitkan aturan yang mempermudah diterbitkannya sertifikasi organik. Image : Yahoo)
Pomidor.id – Mulai 1 Januari 2021, Uni Eropa akan memberlakukan regulasi baru terkait produk dan pelabelan produk organik. Dalam regulasi tersebut, akan diberikan kemudahan sertifikasi organik bagi para petani kecil untuk membentuk kelompok demi mendapatkan sertifikasi kolektif.

Sebagaimana dinyatakan Wakil Direktur Jenderal Direktorat Pertanian dan Pengembangan Pedesaan Komisi Eropa, Maria de los Angeles Benítez, regulasi ini akan membuat proses sertifikasi organik “lebih mudah secara administratif”.

“Selain kemudahan yang lebih besar bagi petani kecil untuk bersaing di pasar organik, regulasi baru tersebut menyederhanakan dan memperkuat daya saing yang lebih homogen bagi petani Uni Eropa menghadapi serbuan impor dari negara lain,” jelas Benítez dilansir Efeagro.

Muat Lebih

 border=

Ia menambahkan, sesuai dengan data yang ada, pertumbuhan sektor ini bagus dan menjanjikan. Sehingga masih ada ruang untuk tumbuh di benua biru tersebut.

Benítez menekankan bahwa ke depannya penting bagi Common Agricultural Policy (CAP) untuk memberikan dukungan yang lebih besar bagi industri ini. Juga mendukung komitmen setiap negara angggota UE untuk meningkatkan konsumsi mereka akan produk organik.

Baca Juga : Perluas Kawasan Organik, Denmark Alokasikan Dana Ratusan Milyar

Sebagai informasi, berdasarkan data Komisi Uni Eropa, di tahun 2018 perputaran ekonomi dari penjualan produk pertanian organik di UE melebihi Euro 25 milyar. Sementara lahan untuk produksinya mencapai 12,8 juta hektar atau meningkat 70 persen dibanding satu dasawarsa sebelumnya.

Uni Eropa memiliki lebih dari tiga juta produsen dan 90 ribu industri yang berkaitan dengan produk pangan organik.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan