border=

Maling Gondol Puluhan Telur Penyu Langka di Pesisir Thailand

Maling Gondol Puluhan Telur Penyu Langka di Pesisir Thailand
(Penyu Belimbing (Leatherback sea turtle) yang banyak terlihat di perairan Pasifik, termasuk spesies yang terancam punah. Image : WWF)
Pomidor.id – Warga di pesisir selatan Thailand geram dengan lenyapnya puluhan telur penyu langka di wilayah tersebut. Mereka menawarkan hadiah uang bagi siapa pun yang dapat menangkap pencuri telur dari spesies penyu yang terancam punah tersebut.

Telur penyu Belimbing (Leatherback sea turtle) digondol maling menjelang subuh pada hari Minggu lalu di pantai selatan provinsi Phang-nga.

“Kasus pencurian ini adalah insiden serius bagi ahli biologi kelautan seperti saya dan penduduk lokal di dekat pantai,” kata Thon Thamrongnawasawat, salah satu pakar biologi kelautan terkemuka di Thailand.

Muat Lebih

 border=

Menurut Thon, ada sekitar 50 atau lebih telur penyu langka dari spesies ini yang hilang.

Dilansir dari Associated Press, warga lokal yang marah kemudian mengumpulkan uang 50 ribu baht (Rp 23,7 juta) untuk hadiah bagi siapa pun yang dapat menangkap pencurinya. Jumlah itu menjadi dua kali lipat setelah pihak otoritas setempat menyumbangkan 50 ribu baht. Total hadiah yang ditawarkan adalah 100 ribu baht (Rp 47,4 juta).

Telur-telur dari spesies penyu yang terancam punah dilindungi oleh hukum Thailand. Mencuri atau memilikinya dapat dikenai sanksi hukuman penjara antara 3 hingga 15 tahun dan denda hingga ratusan juta rupiah.

Baca Juga : Temukan Sarang Penyu Lekang, Bukti Biomass Laut Membaik

Sebagai informasi, penyu Belimbing adalah penyu terbesar di dunia yang masuk daftar spesies langka dan terancam punah. Sarang penyu ini tidak terlihat di Thailand selama lima tahun hingga Januari 2019. Mereka sangat rentan oleh serangan predator, penangkapan ikan yang berlebihan, perburuan telur-telurnya untuk dikonsumsi manusia serta lingkungan alam yang semakin tidak bersahabat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan